Usulan Debat Pilpres, PDIP: Jokowi dan Maruf Bisa Bahasa Inggris

TEMPO.CO, Jakarta – Politikus PDI Perjuangan Effendi Simbolon mengatakan pihaknya tidak mempermasalahkan jika dalam debat presiden dan wakil presiden harus menggunakan bahasa Inggris. “Pak Jokowi bisa bahasa Inggris, Pak Kiai Ma’ruf juga bisa,” ujar Effendi Simbolon di Jakarta pada Jumat, 14 September 2018.

Baca juga: Lawatan Jokowi, RI Banjir Investasi Korea Selatan dan Vietnam

Effendi memastikan tak akan menantang balik kubu calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Menurut dia, kubu Jokowi-Ma;ruf Amin akan lebih memilih strategi bertahan.

“Tidak perlu over,” katanya. Dia menilai tantangan dari kubu lawan wajar lantaran calon yang dia dukung merupakan inkumben

Usulan debat menggunakan bahasa Inggris muncul dari elite partai koalisi pengusung Prabowo Subianto – Sandiaga Uno. Usul itu tercetus saat menggelar rapat rutin di Jalan Daksa, Jakarta Selatan, Kamis 13 September 2018.

Baca juga: Soal Debat Pilpres, Tim Jokowi: Kalau Ada Tes Baca Quran Gimana?

Ketua DPP PAN Yandri Susanto menyatakan alasannya, yakni calon pemimpin negara akan berinteraksi dengan orang-orang dari semua negara. Mereka juga bakal rutin terlibat pada forum internasional.

Pengamat politik  Boni Hargens mengatakan ide debat calon presiden dan wakil presiden menggunakan bahasa Inggris hanya untuk mempromosikan kandidat tertentu. Dia menilai cukup debat dalam bahasa Indonesia.

“Kalau 90 persen masyarakat belum berbahasa Inggris, saya kira usul itu bukan untuk mencerdaskan masyarakat tapi untuk mempromosikan kandidat,” katanya Jumat, 14 September 2018.

Simak juga: Punya 8 Menteri Perempuan, Jokowi: Ada yang Lembut dan Galak

Boni yang pernah menjadi Komisaris LKBN Antara, mengatakan ide tersebut tak terlalu buruk. Namun akan lebih menarik jika debat lebih berfokus kepada kontennya.

Salah satunya, kata Boni yang menjadi koordinator Barisan Relawan Jokowi Presiden pada Pilpres 2014,  dengan mengangkat sejumlah masalah seperti soal keberagaman masyarakat, ideologi, hingga kelompok radikal.

Sumber : https://nasional.tempo.co/read/1126658/usulan-debat-pilpres-pdip-jokowi-dan-maruf-bisa-bahasa-inggris

Baca Juga