Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Gunung Soputan, Gunung Anak Krakatau

TEMPO.CO, Jakarta – Top 3 Tekno berita hari ini dimulai dengan kabar meletusnya Gunung Soputan, lava pijar dari Gunung Anak Krakatau, dan dua perguruan tinggi Indonesia masuk 10 besar dunia di Instagram.

Baca juga: Gunung Soputan di Sulawesi Utara Meletus, Ini Imbauan PVMBG

Gunung Soputan yang berlokasi di Kabupaten Minahasa Tenggara, Provinsi Sulawesi Utara, meletus pada Rabu, 3 Oktober 018 pukul 08.47 WITA. Pos Pengamatan Gunung Soputan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan tinggi kolom abu vulkanik teramati sekitar 4.000 meter di atas puncak kawah atau 5.809 m di atas permukaan laut.

Sementara itu, Kepala Sub Bidang Mitigasi Pemantauan Gunung Api Wilayah Timur PVMBG Kristianto membenarkan aliran lava pijar yang dihasilkan dari letusan Gunung Anak Krakatau telah mencapai pantai.

Baca juga: Bandara Sam Ratulangi Pantau Erupsi Gunung Soputan

Ditengah dua berita gunung meletus tersebut, juga ada kabar baik, dua perguruan tinggi Indonesia, Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Gadjah Mada (UGM) masuk dalam 10 besar universitas di media sosial Instagram. Urutan tersebut berdasarkan banyaknya pengikut (follower), sebagaimana dilansir laman 4icu.org yang diekstraksi selama September 2018.

Baca juga: Gunung Soputan Mengeluarkan Asap Kelabu Tebal

Topik meletusnya Gunung Soputan, lava pijar dari Gunung Anak Krakatau, dan dua perguruan tinggi Indonesia masuk 10 besar dunia di Instagram paling banyak menyedot perhatian pembaca di kanal Tekno. Berikut ini adalah tiga berita hari ini yang populer di kanal Tekno:

1. Gunung Soputan Meletus, Tinggi Kolom Abu Vulkanik 4 Km

Gunung Soputan, Kabupaten Minahasa Tenggara Sulawesi Utara, meletus setinggi 4.000 meter pada 3 Oktober 2018. twitter.com/BNPB_Indonesia

Gunung Soputan di Kabupaten Minahasa Tenggara, Provinsi Sulawesi Utara, meletus pada Rabu, 3 Oktober 018 pukul 08.47 WITA. Pos Pengamatan Gunung Soputan PVMBG melaporkan tinggi kolom abu vulkanik teramati sekitar 4.000 meter di atas puncak kawah atau 5.809 m di atas permukaan laut.

Kolom abu dengan sangat kuat teramati warna kelabu hingga cokelat dengan bulu condong ke arah barat dan barat laut. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 39 mm dan durasi sekitar 6 menit.

Hujan abu vulkanik yang ditemukan di daerah barat laut Gunung Soputan, dan berstatus VONA (Pemberitahuan Observatorium Gunung Api) Oranye, berarti tidak memperhatikan penerbangan. Bandara Internasional Sam Ratulangi di Kota Manado masih beroperasi normal. Posisi gunung di tenggara Gunung Soputan.

Baca selengkapnya: Gunung Soputan Meletus, Tinggi Kolom Abu Vulkanik 4 Km

2. Aliran Lava Pijar Gunung Anak Krakatau Telah Mencapai Laut

Gunung Anak Krakatau menyemburkan lava, yang terlihat dari perairan Selat Sunda, Kalianda, Lampung Selatan, Kamis, 19 Juli 2018. Data Vulcano Activity Report (VAR) mencatat Gunung Anak Krakatau telah meletus 272 kali. ANTARA FOTO/Elshinta

Kepala Sub Bidang Mitigasi Pemantauan Gunung Api Wilayah Timur, PVMBG, Badan Geologi, Kementerian ESDM, Kristianto membenarkan aliran lava pijar yang dihasilkan dari letusan Gunung Anak Krakatau telah mencapai pantai. “Ini masih lanjutan dari aktivitas letusan Gunung Anak Krakatau,” kata dia saat dihubungi Tempo, Selasa, 2 Oktober 2018.

Menurut Kristianto, saat itu aliran lava masih belum mencapai pantai. Aliran lava tersebut didapati meleler di sisi selatan Gunung Anak Krakatau mencapai pantai hari Senin, 1 Oktober 2018.

Kristianto juga mengatakan aliran lava pijar dari kawah Gunung Anak Krakatau ditemukan pertama kali muncul di awal September 2018 saat tim PVMBG memeriksa gunung itu. “Awal bulan September tim ke lapangan, sudah melihat ada aliran lava,” kata dia.

Baca selengkapnya: Aliran Lava Pijar Gunung Anak Krakatau Telah Mencapai Laut

3. Top Universitas di Instagram, UI dan UGM Masuk 10 Besar Dunia

Kampus UI Depok. dok/twitter.com/univ_indonesia/media KOMUNIKA ONLINE

Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Gadjah Mada (UGM) masuk dalam 10 besar universitas di media sosial Instagram. Urutan tersebut berdasarkan banyaknya pengikut (follower), sebagaimana dilansir laman 4icu.org yang diekstraksi selama September 2018.

Data yang diterbitkan uniRank tahun 2018 tersebut menunjukkan peringkat universitas dari 200 institusi pendidikan tinggi teratas di Instagram yang harus memenuhi kriteria pemilihan uniRank, misalnya diakreditasi oleh organisasi terkait pendidikan tinggi di negaranya.

UI berada di posisi ketujuh dengan jumlah pengikut 194.114. Sementara itu, UGM tepat berada di posisi kesepuluh dengan pengikut 183.983. Posisi pertama hingga kelima ditempati oleh Harvard University dengan 861.711 pengikut, Stanford University dengan 378.629 pengkut, University of Oxford 355.404 pengikut, University of Cambridge 353.762 pengikut dan Yale University dengan 230.576 pengikut.

Baca selengkapnya: Top Universitas di Instagram, UI dan UGM Masuk 10 Besar Dunia

Selain kabar tentang Gunung Soputan meletus, lava pijar Gunung Anak Krakatau, dan dua perguruan tinggi Indonesia masuk 10 besar dunia di Instagram Anda bisa membaca berita hari ini lainnya hanya di kanal Tekno Tempo.co.

Sumber : https://tekno.tempo.co/read/1132582/top-3-tekno-berita-hari-ini-gunung-soputan-gunung-anak-krakatau

Baca Juga