Tol Cipali Kembali Kondusif Pagi Ini

Kendaraan penumpang dengan pelat Jakarta dan sekitarnya masih mendominasi

REPUBLIKA.CO.ID,  CIREBON — Arus lalu lintas di ruas tol Cikopo-Palimanan (Cipali) terpantau kondusif pada Kamis (14/6) pagi. Kendaraan di kedua arah, baik menuju Cirebon maupun Jakarta, dapat melintas dengan kecepatan 60 hingga 100 kilometer per jam. Kendaraan penumpang dengan pelat Jakarta dan sekitarnya masih mendominasi arus menuju Cirebon.

Di sepanjang Tol Cipali, juga tidak ditemukan kepadatan berarti termasuk di rest area. Kondisi ini terbilang kontras dengan situasi pada Rabu (13/6), ketika antrean untuk masuk ke tempat beristirahat berdampak pada antrean hingga belasan kilometer. Meski parkiran rest area terlihat padat, arus lalu lintas di dalam dan sekitarnya tampak ramai lancar.

Kepala Unit Patroli Jalan Raya (PJR) Cipali, AKP Azis Syarifudin mengatakan, puncak arus mudik sudah berlalu, yakni pada Rabu siang sampai malam hari. Kemacetan ini membuat pihak kepolisian dan pengelola memberlakukan sistem one way atau satu arah. “Kemarin, pukul 17.00 hingga 21.00 WIB, dilaksanakan one way,” tuturnya saat dihubungi Republika.co.id, Kamis (14/6) pagi.

Pemberlakuan one way ini berlaku dari Km 84 sampai Gerbang Tol (GT) Palimanan. Tujuannya, untuk mengurai kepadatan dan pengguna jalan tol yang mengarah ke Cirebon maupun Jawa Tengah tidak mengalami kemacetan di tol Cipali. Arus sebaliknya, dari Cirebon menuju ke Jakarta, ditahan terlebih dahulu, termasuk mereka yang berada di rest area.

Dengan sistem one way yang diberlakukan kemarin, kepadatan di Tol Cipali terurai secara signifikan. Hanya saja, begitu memasuki waktu berbuka puasa, kepadatan kembali ditemui di sejumlah titik. Sebab, tidak sedikit pengendara yang menghentikan mobil di bahu jalan untuk berbuka puasa, menyebabkan pengendara di belakangnya harus menurunkan kecepatan.

Azis tidak dapat memprediksi apakah sistem one way itu akan diberlakukan sampai hari ini. Ia akan terus memantau tingkat kepadatan pada satu hari jelang Lebaran ini. Menurut Azis, sistem one way diterapkan setelah Tol Cikampek melaksanakan contra folow di GT Cikarang Utama untuk mempercepat arus lalu lintas mudik. “Untuk mengimbangi kegiatan tersebut, Tol Cipali pun melaksanakan one way dari arah Cikopo menuju Palimanan,” ujarnya.


Sumber : https://republika.co.id/berita/ramadhan/info-mudik/18/06/14/paai8f335-tol-cipali-kembali-kondusif-pagi-ini

Baca Juga