Tips Mudik Anti Pegal ala Agung Hercules – Wajah Riau

Jelang hari raya Idul Fitri, sebagian besar orang mulai melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman atau lazim disebut mudik. Pilihan transportasi pun beragam tapi pilihan transportasi darat mengharuskan orang duduk berjam-jam hingga sampai tujuan.

Berada beberapa jam di perjalanan tak pelak berpotensi membuat tubuh terasa pegal. Namun, ini bisa disiasati dengan sejumlah persiapan, dari mulai menyediakan obat gosok, koyo atau melakukan peregangan terlebih dahulu.

Hal tersebut pun diakui Agung Hercules. Menurutnya, ada beberapa hal yang bisa dipersiapkan demi perjalanan mudik yang nyaman. Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan:

Gunakan koyo atau obat gosok

Agung menuturkan ada langkah pencegahan agar tubuh tak pegal-pegal walau duduk lama. Meski belum ada rasa tak nyaman di bagian otot, ada baiknya menempelkan koyo atau mengoles obat gosok di bagian-bagian tubuh tertentu.

“Yang mudik rata-rata tegang otot atau saraf, ini bikin sakit apalagi perjalanan berjam-jam. Solusinya pakai (koyo atau obat gosok) sebelum berangkat mudik,” ujarnya saat ditemui di sela kampanye #MudikGakLoyo Hansaplast di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Peregangan pada tangan

Duduk dalam waktu lama membuat tubuh terasa kaku. Selain itu, kata Agung, peredaran darah di tubuh tak lancar, begitu pula dengan metabolisme. Stretching atau peregangan diperlukan untuk melancarkan peredaran darah.

Ia memberikan contoh peregangan pada tangan yang dapat dilakukan penumpang kendaraan. Tarik kedua tangan ke depan, atas, kemudian samping kiri dan kanan, masing-masing dalam hitungan dua kali delapan.

“Kalau sopirnya ya pas kalau tahu macet di depan agak lama, boleh stretching,” katanya disusul tawa.

Luruskan kaki

Beberapa sarana transportasi umum menyediakan ruang cukup lapang untuk kaki. Sesekali luruskan kaki, kemudian perlahan tarik kaki kanan atau kiri, tak perlu sampai menyentuh dada. Lakukan bergantian.

Senam ringan saat istirahat

Kesempatan istirahat di beberapa titik rest area dapat dimanfaatkan untuk senam ringan. Gerakan mirip dengan gerakan saat di dalam kendaraan, tetapi ditambah gerakan lain yang lebih variatif dan dinamis. Terlebih dahulu lemaskan otot, lakukan gerakan stretchingkemudian baru gerakan yang lebih dinamis.

“Lakukan variasi gerakan, maka kita enggak akan sakit dan saat silaturahmi kondisi bugar,” imbuhnya.

 

Selain sebagai hidrasi tubuh, minum air hangat dapat membuat saraf rileks. Jika saraf rileks, maka rasa pegal di tubuh akan semakin luruh. Air hangat juga bermanfaat untuk meredakan gejala sakit ringan karena ia mampu membuat peredaran darah lancar dan otot lebih ‘santai’


Sumber : http://wajahriau.com/tips-mudik-anti-pegal-ala-agung-hercules/

Baca Juga