Tips Kantong Tipis tapi Bisa Liburan ke Luar Negeri

VIVA – Siapa bilang liburan ke luar negeri itu mahal dan selalu butuh bujet banyak? Kalau Anda ingin berlibur ke Eropa memang jelas mahal. Karena nilai tukar Rupiah tidak sebanding dengan Euro.

Kalau Anda berencana ingin liburan ke luar negeri, tidak ada salahnya untuk mencoba keliling kawasan Asia Tenggara saja. Biaya yang dikeluarkan juga pasti lebih kecil dibandingkan liburan ke Eropa.

Ini dia tips liburan hemat ke luar negeri yang perlu diketahui seperti dikutip dari Cermati.com, Sabtu 12 Januari 2018:

1. Hindari berkunjung ke restoran mahal

Pengeluaran tentu akan membengkak kalau Anda sering makan di restoran mahal. Jangankan makanan, minuman saja mahalnya minta ampun. Belum lagi pajak dan biaya servis yang cukup menguras kantong.

Kalau Anda lapar, lebih baik mencoba street food atau makanan di pinggir jalan. Makanan yang disajikan biasanya makanan khas negara bersangkutan. Selain murah, makanan ini juga cukup nikmat dan bisa mengisi perut yang keroncongan.

2. Hindari makanan western

Harga makanan western bisa dikatakan lebih mahal dibandingkan dengan makanan tradisional. Hal ini karena makanan tersebut dimasak langsung oleh koki dari luar negeri. Belum lagi bumbu dan bahan makanannya yang cukup mahal. Oleh sebab itu, lebih baik beli makanan khas Asia Tenggara saja, misalnya mi atau nasi.

3. Bawa minuman ketika bepergian

Ke mana pun Anda pergi, cobalah untuk membawa botol minuman sendiri. Termasuk ketika ingin mencoba kuliner pinggir jalan. Beberapa kawasan di Asia Tenggara memperbolehkan pengunjung untuk membawa minuman dari luar.

Kalau boleh membawa minuman, mengapa tidak dicoba, kan? Cara ini sangat ampuh untuk memperkecil pengeluaran.

4. Menginap di hostel

Harga untuk menginap di hostel tentu lebih murah dibandingkan menginap di hotel. Harga menginap di hostel bisa tiga kali lipat di bawah harga menginap di hotel.

Para backpacker yang on budget biasanya lebih pilih menginap di hostel. Kamar di hostel biasanya bertingkat-tingkat dan diisi oleh 8-10 orang per kamar.

Selain lebih murah, Anda juga berkesempatan untuk mendapat kenalan baru. Karena kamar hostel diisi oleh banyak orang yang berasal dari negara-negara berbeda.

5. Pilih hotel yang murah

Kalau Anda tidak mau berbagi ruangan, lebih baik pilih menginap di hotel. Akan tetapi, pilihlah kamar hotel yang harganya murah. Anda bisa mencari informasi di berbagai macam website penyedia booking hotel. Manfaatkan penawaran murah dan diskon yang diberikan oleh masing-masing hotel.

Untuk hotel yang harganya murah biasanya memiliki fasilitas standar. Misalnya, kamar mandi pribadi dan kondisi kamar tidur yang apa adanya. Jangan pernah menuntut fasilitas mewah kalau harga hotelnya murah ya.

6. Bepergian dengan transportasi umum

Mengunjungi tempat wisata di negara yang dituju merupakan suatu keharusan. Akan tetapi, berkunjung dari satu tempat ke tempat lain pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Apalagi kalau jaraknya jauh. Untuk menghemat pengeluaran, gunakan transportasi umum ketika bepergian. Hindari untuk menggunakan taksi atau transportasi online, karena harganya jauh lebih mahal dan menguras kantong.

7. Gunakan kereta bawah tanah dan bus

Liburan rasanya tidak lengkap jika harus mengunjungi satu negara saja. Untuk pindah dari negara A ke negara B, kita lebih suka menggunakan pesawat terbang.

Padahal harga tiket penerbangan cukup menguras dompet. Untuk menekan biaya, sebaiknya pergilah dengan menggunakan kereta bawah tanah atau bus. Memang waktu tempuhnya jauh lebih lama. Akan tetapi bepergian dengan bus jauh lebih seru karena Anda dapat menikmati pemandangan di pinggir jalan.

8. Pilih jadwal keberangkatan di malam hari

Harga tiket penerbangan, bus, atau kereta bawah tanah cukup murah di malam hari. Mengapa? Karena tidak banyak orang yang beraktivitas di malam hari. Mereka juga lebih memilih untuk tidur daripada berkunjung dari satu tempat ke tempat lain.

Inilah yang harus Anda manfaatkan. Apabila Anda berencana mengunjungi negara lain, sebaiknya pilih keberangkatan di malam hari. Selain lebih murah, Anda juga merasa lebih nyaman karena situasi bus atau kereta yang tidak terlalu padat. (ase)

Sumber : https://www.viva.co.id/berita/bisnis/996300-tips-kantong-tipis-tapi-bisa-liburan-ke-luar-negeri

Baca Juga