Tips agar Bayi Tidur Nyaman saat Cuaca Panas

TEMPO.CO, Jakarta – Cuaca belakangan ini begitu panas di siang hari dan hujan kadang-kadang turun di malam hari. Bahkan untuk tidur pun terasa tidak nyaman karena cuaca yang begitu panas, apalagi bila di kamar tak ada pendingin ruangan.

Orang dewasa mungkin tidak terlalu pusing dengan gangguan cuaca panas saat tidur itu. Tapi tidak demikian dengan bayi, yang belum bisa beradaptasi secara baik dengan cuaca dan bisa sakit bila udara terlalu panas.

Berikut adalah tips agar bayi tetap merasa sejuk saat tidur meski udara panas, seperti dilansir Hello.

#Mandikan bayi dengan air dingin sebelum tidur.

#Jaga kesejukan kamar bayi dengan cara menutup semua tirai di siang hari. Kipas angin juga bisa digunakan untuk meningkatkan sirkulasi udara di kamar bayi, tapi jangan arahkan langsung ke tubuhnya.

#Hindari pakaian tidur yang terlalu tebal. Menggunakan popok dan selimut atau bedong saja sudah cukup.

#Hanya gunakan seprai katun dan jangan menggunakan perlak yang kedap air karena hanya akan menahan panas dan membuat bayi berkeringat.

#Selalu monitor temperatur kamar bayi. Bayi akan tidur dengan nyaman pada temperatur 16-20 derajat celcius.

#Gunakan es untuk menyejukkan ruangan. Masukkan air ke dalam botol besar dan bekukan, lalu letakkan di kamar bayi. Cara ini cukup efektif untuk menyejukkan kamar bayi sampai es mencair.

#Cegah dehidrasi. Seperti orang dewasa, bayi dan anak kecil juga bisa mengalami dehidrasi sehingga mereka butuh cukup minum. Buat bayi yang masih menyusu ibu, berikan dia hanya ASI. Buat yang sudah menyusu dengan menggunakan botol, siapkan selalu air hangat karena bisa saja bayi terbangun di malam hari dan ingin minum susu.

#Pindah kamar. Bila bayi masih tidur di kamar orang tua atau bila kamar bayi terlalu panas, jangan ragu untuk pindah ke kamar lain, atau memindahkan kamar bayi, yang lebih sejuk.

#Lebih baik gunakan popok katun, bukan yang sekali pakai. Bayi sering merasa tidak nyaman dengan keringat yang mengumpul di karet pinggang popok sintetis.

#Bila bayi tertidur di kereta dorong, waspadalah karena kereta itu kemudian bisa menjadi panas dan tidak ada udara. Jika bayi tertidur di kursi mobil, pastikan ia terlindung dari sinar matahari dan jangan biarkan ia tidak terawasi.

Artikel lain:
7 Manfaat Membaca Buku untuk Bayi
8 Tanda Bayi Sudah Tumbuh Menjadi Balita
Memahami 12 Bulan Pertama Tahap Perkembangan Bayi

Sumber : https://cantik.tempo.co/read/1079698/tips-agar-bayi-tidur-nyaman-saat-cuaca-panas

Baca Juga