Tiket Pesawat Tak Melonjak, Inflasi Juni Diprediksi 0,25%

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution memprediksi inflasi pada Juni berkisar di angka 0,2 sampai 0,25 persen secara bulanan atau month to month/mtm. Dia meyakini, prediksi ini tepat, asalkan tiket pesawat tidak mengalami lonjakan harga.

“Kalau harga transportasi udara tidak ada lonjakan ,maka inflasi kita bulan Juni akan berkisar 0,2-0,25 persen,” kata Darmin di kawasan Senayan, Jakarta, Senin 11 Juni 2018.

Dia pun menguraikan alasan yang menguatkan prediksinya bahwa inflasi berkisar di angka 0,2-0,25 persen. Angka itu tercipta, karena harga bahan pangan saat Ramadan terjaga dengan baik.

“Karena, harga-harga oke, beras oke, daging oke. Yang mungkin, sedikit harganya naik adalah telur. Tetapi, telur kan enggak banyak amat pengaruhnya (ke inflasi),” ujarnya.

Salah satu komponen penyumbang inflasi yang harus diperhatikan secara serius, katanya, adalah tiket pesawat. Alasannya, tiket pesawat itu masih berpotensi.

“Kalau tiket angkutan darat, biasanya tidak mudah lagi dimain-mainkan didorong naik. Tapi kalau tiket pesawat itu bisa naiknya begini, mereka nambah satu ride ke mana gitu, (harga) tiketnya berubah. Ya, susah juga memang,” ujarnya.

Sumber : https://www.viva.co.id/berita/bisnis/1044770-tiket-pesawat-tak-melonjak-inflasi-juni-diprediksi-0-25

Baca Juga