Terbit Rencana Berkunjung ke Jabal Tsur

Laporan wartawan Tribun Medan/ Joseph Wesly Ginting’s

TRIBUN-MEDAN.com, BINJAI- Calon bupati Langkat nomer urut satu Terbit Rencana Peranginangin mengunjungi Jabal Tsur, pengunungan di distrik Al-Misfalah, Mekah.

Tempat bersejarah yang berada di sekitar Masjidil Haram itu terdapat Gua Tsur, tempat yang telah dijadikan perlindungan oleh Nabi Muhammad SAW beserta sahabatnya Abu Bakar RA dari kejaran kaum kafir Quraisy.

Kala itu di tahun 622 Masehi, Rasulullah berniat hijrah ke kota Madinah yang lebih kondusif untuk penyebaran Islam.

Tidak rela Islam menyebar lebih luas ke luar Mekah, maka kaum kafir Quraisy mengejar untuk menghalang-halangi niat Rasulullah.

Di saat terdesak Allah SWT melalui perantaranya malaikat Jibril memberikan petunjuk agar Rasulullah dan Abu Bakar berlindung ke dalam Gua Tsur.

Baca: Gembiranya Warga Ramunia Menyambut Kedatangan Sihar Sitorus

Akhirnya mereka berdua berlindung di dalam Gua, di Jabal Tsur yang tandus selama tiga hari tiga malam.

“Selama berada di Jabal Tsur tersebut, saya merenungkan bagaimana hebat dan dahsatnya perjuangan Rasulullah SAW untuk mengembangkan agama Islam yang sekarang bisa menembus segala penjuru dunia,” katanya, Selasa (17/4/2018).

Terbit Rencana mengatakan dia sangat bahagia bisa berkunjung ke Jabal Tsur bersama jamaah 42 yang sebagian berprofesi sebagai bilal mayit asal Langkat. Di sana dia juga merasakan adanya dorongan agar perjuangan menolong sesama umat lebih ditingkatkannya.

“Itulah hakekat hidup ini, bahwa ada hak orang dari harta yang kita terima. Allah SWT tak memiskinkan orang yang banyak beribadah, tapi justru melipatgandakan rezekinya,” kata mantan ketua DPRD Langkat ini.

Kunjungan bersama jamaah dan bilal mayit tersebut dilakukan setelah sebelumnya rombongan berkunjung ke tanah suci Madinah untuk salat berjamaah di Masjid Nabawi, Raudhah, Makam Rasulullah, Baqi, Salat sunat di Masjid Quba masjid yang pertama kali didirikan Rasulullah SAW.

(Wes/tribun-medan.com)

Sumber : http://medan.tribunnews.com/2018/04/17/terbit-rencana-berkunjung-ke-jabal-tsur

Baca Juga