Telkomsel dan XL Sudah Uji Coba 5G, yang Lain Masih Ditunggu

Palembang – Pemerintah masih menunggu para operator telekomunikasi menggelar uji coba teknologi 5G. Sejauh ini baru Telkomsel dan XL yang melakukannya.

“Sejauh ini baru dua operator yang telah melakukan trial teknologi 5G. Adapun 2 operator tersebut, yakni Telkomsel dan XL Axiata Tbk,” kata Sekretaris Ditjen Sumber Daya Perangkat Kementerian Kominfo R Susanto di Palembang, Kamis (13/9/2018).

Menurut Susanto, dalam acara bertajuk “Frequency Goes to Campus”, uji coba teknologi 5G dilakukan untuk mengetahui kualitas dan frekuensi yang tepat untuk teknologi itu, termasuk melakukan optimalisasi pada teknologi telekomunikasi.

“Kami tentu masih menunggu operator lain untuk uji coba, dengan begitu akan lebih cepat diketahui kualitas maupun investasinya. Melalui uji coba operator bisa lihat dari sistem back office untuk hasilnya,” kata Susanto.

Untuk uji coba, Susanto menyarankan operator dapat memanfaatkan event-event besar. Salah satunya seperti di Asian Games 2018 lalu, serta tempat yang banyak pengunjungnya.

“Penerapan teknologi 5G pun harus firm. Jangan sampai sudah diterapkan malah tidak in line dengan peraturan yang ada di ITU (International Telecommunication Union). Kita tidak bisa mengatur sendiri, apalagi terpisah dengan negara lainnya,” ucap Susanto.

Selain Indonesia, negara lain yang sudah melakukan uji coba yakni Korea Selatan, yang melakukan uji coba lebih awal supaya dapat mengetahui teknologi 5G tersebut.

(krs/krs)

Sumber : https://inet.detik.com/telecommunication/d-4210657/telkomsel-dan-xl-sudah-uji-coba-5g-yang-lain-masih-ditunggu

Baca Juga