Susu Bikin Gemuk, Mitos atau Fakta?

TEMPO.CO, JakartaIngin minum susu, tapi takut menjadi gemuk. Jangan takut, ternyata pernyataan kalau susu bikin gendut itu hanya mitos. Bahkan susu tidak hanya meningkatkan kesehatan, tetapi juga bisa membantu menurunkan berat badan.

Minum 3-4 gelas susu setiap harinya, dengan diet makan yang sehat, dapat menyebabkan penurunan berat badan dan lemak yang lebih besar dibanding hanya mengurangi kalori di makanan. Minum susu harus dengan takaran yang tepat, yang telah tertulis di kotak susu. Dengan takaran saji yang pas dan diet makanan yang benar dan sehat, susu tidak akan membuat badan gemuk.

“Jangan takut gemuk, bahkan susu full cream itu lebih baik dibanding susu low fat. Selain itu, susu low fat mengambil lemak yang ada di dalam susu menjadi di bawah 1 persen, padahal ada berbagai manfaat dari lemak yang ada di dalam susu,” jelas Dr. Marudut, dosen Jurusan Gizi, Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jakarta II, di Jakarta, Selasa, 5 Desember 2017.

Artikel terkait:
Tak Perlu Takut Alergi Susu Sapi, Ada Banyak Susu Pengganti
Usia dan Zat Tambahan Menjadi Pertimbangan Saat Minum Susu
Ahli Gizi Beberkan Kebutuhan Minum Susu Sesuai Usia

Salah satu manfaat lemak dalam susu adalah membantu menghindari risiko diabetes dan penyakit jantung. Dr. Marudut menjelaskan kalau dari berbagai hasil penelitian ditemukan bahwa susu tidak akan membuat badan gendut.

Asupan susu yang lebih besar, sekitar 2-4 gelas setiap hari, menghasilkan risiko obesitas yang lebih rendah, sekitar 38 persen. Sedangkan asupan susu dan produk susu sekitar 3-4 sajian setiap hari juga menurunkan risiko obesitas 13 persen lebih kecil dibandingkan orang yang minum susu 1-2 sajian per harinya. Selain itu, susu juga dapat menyeimbangkan berat badan.

“Kalau minum susu, pencernaan jadi lebih lambat dan susu membuat kenyang. Sensasi kenyang itu membuat orang merasa tidak perlu makan macam-macam lagi,” ujar Dr. Marudut.

Tentunya, minum susu saja juga tidak baik. Hal terpenting adalah untuk menyeimbangkan susu dengan makanan yang sehat. Susu tidak akan membuat gendut, tetapi banyak makanan yang dapat membuat gendut. Jadi harus terus diperhatikan diet makanannya.

Sumber : https://cantik.tempo.co/read/1040119/susu-bikin-gemuk-mitos-atau-fakta

Baca Juga