Sri Mulyani Jabarkan Alokasi Rp560 M untuk BNPB Tangani Bencana

VIVA – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan, dana Rp560 miliar yang telah dicairkan pemerintah dari APBN untuk penanganan bencana gempa di Palu, akan digunakan untuk mengakomodir program-program Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB di lokasi bencana.

Dia mengaku, jumlah itulah yang diajukan oleh BNPB kepada pemerintah, guna menjalani beberapa program di masa tanggap darurat bagi para korban bencana Palu tersebut.

“Yang kemarin hari Sabtu kita cairkan sebesar Rp560 miliar itu dipakai untuk on call. Artinya, secara fleksibel BNPB memobilisaisi kebutuhan yang sifatnya emergency humanitary di dalam rangka menolong sebanyak mungkin korban bencana,” kata Sri di kantornya, kawasan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Rabu 3 Oktober 2018.

Saat ditanya rincian program apa saja yang diajukan BNPB dengan kebutuhan Rp560 miliar tersebut, Sri pun menjabarkan hal itu.

“Jadi untuk kemanusiaan, kesehatan, untuk kemudian pasokan makanan, shelter temporary, air bersih, itu dilakukan. Termasuk kita welcome institusi lain yang ikut,” kata Sri.

Meski demikian, Sri memastikan pemerintah akan terus memantau penggunaan dana APBN untuk program-program penanganan bencana di Palu oleh BNPB tersebut.

Bahkan, jika nantinya BNPB kembali mengajukan permohonan dana untuk menyelesaikan program penanganan bencana Palu itu, maka pemerintah akan kembali bersiap mencairkannya.

“Kalau BNPB anggarannya sudah mulai menunjukkan dipakai dan mereka masih membutuhkan, mereka akan menyampaikan lagi ke kami dan dia sampaikan programnya apa saja. Kita akan verifikasi dan dicairkan juga,” ujarnya.

Sumber : https://www.viva.co.id/berita/bisnis/1080872-sri-mulyani-jabarkan-alokasi-rp560-m-untuk-bnpb-tangani-bencana

Baca Juga