Sosialisasi Pemilu 2019, KPU Surabaya Ajak Warga Berperan Aktif

Surabaya – Masyarakat Kota Surabaya diharapkan ikut berperan aktif serta mengawal dan berpartisipasi dalam Pemilu 2019. KPU Kota Surabaya pun mulai menyosialisasikan Undang Undang 7/2017 tentang pelaksanaan Pemilu 2019 dengan mengundang perwakilan masyarakat dan berbagai elemen.

“Penting bagi kami untuk menyosialisasikan karena kami berharap sejak awal seluruh lapisan masyarakat mengetahui bahwa proses pemilu sudah berjalan, publik turut berpartisipasi dan mengawal,” kata Ketua KPU Kota Surabaya Nur Syamsi di sela-sela sosialisasi Pemilu 2019 di Hotel Santika Surabaya, Kamis (7/12/2017).

Peran masyarakat dalam melakukan pengawasan yang dimaksud KPU Kota Surabaya di antaranya adalah aktivitas perbaikan administrasi keanggotaan 16 partai politik peserta Pemilu 2019 di Kota Surabaya.

“Sehingga saat verifikasi faktual keanggotaan parpol, syukur-syukur masyarakat Surabaya ketika didatangi tidak asing lagi bahwa proses Pemilu 2019 ternyata sudah dimulai,” ungkap dia.

Ia berharap kepada masyarakat yang menjadi anggota partai politik jika dalam proses verifikasi faktual didatangi petugas KPU agar memberikan jawaban yang jujur.

“Maksudnya jika memang anggota partai A misalnya, ya jawab dengan jujur kalau benar adalah anggota partai A. Jika bukan partai A dan tidak pernah menjadi anggota partai maka kami harap masyarakat mau mengisi surat pernyataan, kalau tidak mau isi surat maka tetap kami anggap sebagai anggota partai tersebut,” tambahnya.

Selain masyarakat, KPU Kota Surabaya juga berharap seluruh elemen seperti organisasi masyarakat, LSM, serta media juga ikut aktif melakukan pengawasan setiap tahapan Pemilu 2019.
(ze/iwd)

Sumber : https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-3759736/sosialisasi-pemilu-2019-kpu-surabaya-ajak-warga-berperan-aktif

Baca Juga