Skandal Sewa Pelacur di Haiti saat Bencana Hebat, Wakil Direktur Oxfam Mundur

SERAMBINEWS.COM – Pejabat tinggi Oxfam mundur terkait cara lembaga bantuan internasional itu dalam menangani skandal seks yang diduga dilakukan sejumlah staf penting saat menyalurkan bantuan pasca bencana gempa yang meluluh-lantakan Haiti, tahun 2011.

Penny Lawrence, wakil direktur Oxfam menyatakan mundur karena merasa ‘aib’ dan memikul tanggung jawab sepenuhnya atas kejadian itu.

Oxfam dituduh menutup-nutupi skandal yang melibatkan sejumlah pekerja seks yang disewa para staf mereka saat menyalurkan bantuan pasca gempa 2010 yang melanda Haiti.

Baca: Untuk Biaya Hiburan Malam Auditor BPK, PT Jasa Marga dan Rekanan Habiskan Rp 107 Juta

Menteri Pembangunan Internasional Inggris, Penny Mordaunt memanggil para pimpinan untuk ‘mendengar lebih banyak dari Oxfam’ tentang tuduhan itu, dan bahwa cara Oxfam menangani skandal itu akan menentukan apakah mereka akan tetap menerima atau kehilangan dana bantuan pemerintah.

Oxfam menolak tudingan bahwa mereka menutup-nutupi tuduhan tersebut.

Sejauh ini, investigasi internal Oxfam menyebabkan empat orang dipecat dan tiga orang lainnya mengundurkan diri, termasuk direktur Oxfam untuk Haiti.

Oxfam juga sudah mengumumkan langkah-langkah baru yang berkaitan dengan pencegahan dan penanganan kasus-kasus pelecehan seksual.

Oxfam menjadi bulan-bulanan kritik mengenai cara mereka menangani tuduhan perilaku tak senonoh oleh stafnya di Haiti, saat mereka bekerja menyalurkan bantuan kemanusiaan menyusul gempa besar yang meluluh-lantakkan negara itu pada tahun 2010.

Baca: Polres Bireuen Bongkar Kasus Curanmor Antar-Kabupaten, Ini Jumlah Kendaraan Diamankan

Sumber : http://aceh.tribunnews.com/2018/02/13/skandal-sewa-pelacur-di-haiti-saat-bencana-hebat-wakil-direktur-oxfam-mundur

Baca Juga