Siaga Longsor, BPBD Magetan Siapkan Posko Bencana

Magetan – BMKG memperingatkan adanya zona merah potensi bencana di Kabupaten Magetan. Untuk mengantisipasi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magetan mendirikan posko bencana.

Posko bencana didirikan di lapangan Desa Gondosuli, Kecamatan Poncol, yang merupakan daerah zona merah rawan longsor.

“Maka dari ini kita persiapan dini untuk mencegah ada korban jiwa,” jelas Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Magetan Fery Yoga Sahputra kepada detikcom di posko bencana lapangan Desa Gondosuli, Kecamatan Poncol, Kamis (14/12/2017).

Posko bencana tersebut kata Fery akan dijaga 24 jam oleh tim secara bergantian. Dua kecamatan di 6 desa disebut sebagai zona merah berpotensi longsor yakni, 3 desa di Kecamatan Poncol dan 3 desa di Kecamatan Plaosan.

“Ada 6 desa di 2 kecamatan dinyatakan zona merah potensi longsor yakni kecamatan Poncol dan Plaosan berdasarkan warning dari BMKG kemarin. Sehingga kita was-was juga ini,” tandas Fery.

Fery mebambahkan untuk Kecamatan Poncol ada 3 desa yang dinyatakan zona merah yakni Desa Cileng Dusun Jurang Banteng, Dusun Templek Desa Gonggang dan Kelurahan Alas tuo. Sedangkan 3 desa zona merah di Kecamatan Plaosan yakni Desa Randugede, Ngancar, dan Kelurahan Sarangan.

Dari 6 Desa yang dinyatakan zona merah berpotensi longsor tersebut mengancam lebih dari 200 rumah warga. Pihak BPBD Kabupaten Magetan telah berkoordiinasi dengan para perangkat desa untuk mendata warga yang tinggal di zona merah.
(bdh/bdh)

Sumber : https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-3770098/siaga-longsor-bpbd-magetan-siapkan-posko-bencana

Baca Juga