Sapi di Bandara Kacaukan Penerbangan di India

VIVA – Bandara Ahmedabad di India, terpaksa menunda penerbangan dan pendaratan pesawat. Seekor sapi yang ‘nyelonong’ ke bandara membuatnya menjadi kacau.

Bandara Ahmedabad pada Jumat 12 Januari 2018, terpaksa mengalihkan sebuah penerbangan dari Abu Dhabi dan sebuah pesawat kargo ke Mumbai. Pilot pesawat tersebut mendeteksi adanya seekor sapi yang berkeliaran di landasan pacu. Lima penerbangan untuk keberangkatan dan pendaratan akhirnya juga terpaksa dialihkan.

Seekor sapi dikabarkan berkeliaran di sekitar landasan pesawat, setelah berhasil menerabas perlintasan. Aksi sapi tersebut membuat petugas segera melakukan pengejaran.

“Sapi itu masuk dari dekat pintu kargo bandara. Petugas keamanan dengan tongkat dan senapan angin mengusir binatang itu,” kata seorang sumber seperti dikutip dari laman Al Arabiya, Minggu 14 Januari 2018.

Butuh waktu lebih dari 90 menit untuk petugas keamanan dan tim pemadam kebakaran untuk memburu sapi tersebut dan mengeluarkannya dari area landasan.

Sapi ini bukan hewan pertama yang mengacaukan bandara di India. Bandara lain di India juga pernah mengalami situasi yang sama. Tapi tak semuanya karena sapi, ada juga monyet dan kelinci yang berkeliaran sembarangan dan mengganggu penerbangan.

Bulan November 2016, bandara Chennai membatalkan rencana mendarat beberapa pesawat, setelah sekawanan monyet terlihat di landasan pacu. Tahun lalu, kasus yang sama juga terjadi di bandara Ahmadebab. Pemicunya adalah seekor kelinci.

Pihak pengelola bandara berjanji menyelidiki kasus ini, untuk melihat kemungkinan apakah terjadi faktor kelalaian manusia dalam lolosnya hewan ke landasan pacu bandara.

Sumber : https://www.viva.co.id/berita/dunia/996560-sapi-di-bandara-kacaukan-penerbangan-di-india

Baca Juga