Ratna Sarumpaet Jadi Sorotan, Ini Dampak Psikologis pada Anak

TEMPO.CO, Jakarta – Aktivis Ratna Sarumpaet menjadi sorotan publik setelah dugaan mengalami penganiayaan pada 21 September 2018. Dari foto yang beredar, hampir seluruh wajahnya terlihat lebam dan matanya bengkak. 

Baca juga: Wajah Ratna Sarumpaet Bengkak, karena Operasi Facelift?

Hal ini membuat netizen membanjiri kolom komentar di Instagram putrinya, Atiqah HasiholanTerutama setelah muncul anggapan kalau Ratna Sarumpaet sedang dalam proses pemulihan setelah operasi facelift.

Ini bukan pertama kalinya Ratna Sarumpaet menjadi sorotan netizen. Pada Juli 2018,  dia juga menjadi sorotan karena memaksa ingin berbicara dengan Menteri Koordinator Bidang Maritim Luhut Pandjaitan di depan keluarga korban KM Sinar Bangun yang tenggelam. Tindakannya tersebut juga berdampak pada sang anak Atiqah Hasiholan dan menantu Rio Dewanto, yang terus dibanjiri komentar oleh netizen.

Atiqah Hasiholan dan Ratna Sarumpaet. Instagram.com

Psikolog, Kasandra Putranto, menjelaskan dampak psikologis pada anak bila ibunya terus menjadi sorotan, terutama bila mengenai hal-hal yang negatif. “Pastinya akan memberikan tekanan, tetapi jika anak memiliki daya tahan mental yang tinggi ya aman-aman saja,” jelas Kasandra Putranto kepada Tempo, Rabu 3 Oktober 2018. Dia menambahkan hal ini juga tergantung dengan hubungan ibu dengan anak tersebut dan kasusnya.

Sampai sekarang, Atiqah Hasiholan belum memberi komentar apapun mengenai situasi ini. Walaupun Ratna Sarumpaet terus menjadi sorotan, Atiqah tidak menyembunyikan kedekatannya dengan sang ibu di media sosial. Dari beberapa foto berdua, Ratna dan Atiqah terlihat memiliki hubungan yang cukup erat.

Sumber : https://cantik.tempo.co/read/1132483/ratna-sarumpaet-jadi-sorotan-ini-dampak-psikologis-pada-anak

Baca Juga