Qatar Bangun Jalur Sepeda Sepanjang 2.000 Kilometer

TEMPO.CO, Jakarta – Kabar menarik bagi penyuka olahraga bersepeda. Qatar sebentar lagi akan memiliki jalur khusus sepeda sepanjang 2.000 kilometer atau sama dengan jarak antara Kota Banda Aceh dengan Lampung.

Jalur sepeda ini boleh dibilang terpanjang di dunia bila dibandingkan dengan yang ada di Eropa. Inggris, misalnya, hanya memiliki jalur sepanjang 300 kilometer sebagaimana ditulis oleh situs berita www.london-revolution.

Baca: Chris Froome Juarai Tour de France 2017

Emir Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani. [thepeninsulaqatar.com]

Negeri para emir itu juga menyiapkan jalur sepeda ratusan kilometer di Kota Doha dan bisa menyambungkan ke sejumlah negara.

Dalam sebuah akun Twitter, Emir Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani, Selasa, 13 Februari 2018, mengatakan, pembangunan jalur sepeda itu bersamaan dengan Hari Olahraga Nasional.Pembalap sepeda Lithuania, Rasa Lelivyte (kanan) menjuarai etape pertama Balap Sepeda Wanita Tour of Qatar di Doha, Rabu (03/02). REUTERS/ Fadi Al-Assaad

“Ambisi kami pada Hari Olahraga Nasional ini adalah membangun berbagai fasilitas olahraga. Kami juga akan membangun jalur khusus sepeda sepanjang kurang lebih 2.000 kilometer hingga akhir 2022,” tulis Emir di akun Twitter.

Baca: Pembalap Prancis, Thomas Lebas, Juarai Tour de Flores 2017

Pada peringatan Hari Olahraga Nasional tersebut Emir turut bersepeda berkeliling Doha dan kawasan komersial diikuti oleh para penggemar sepeda di Qatar.

Sumber : https://dunia.tempo.co/read/1060802/qatar-bangun-jalur-sepeda-sepanjang-2-000-kilometer

Baca Juga