Pria Tertua di Dunia Rayakan Ultah ke-113, Ini Rahasianya Panjang Umur

SPANYOL – Pria tertua di dunia, Francisco Nunez Olivera, baru saja merayakan ulang tahun ke-113 di Spanyol. Ia mengawali hari dengan mengonsumsi kue sifon dan segelas susu sebagai sarapan, lalu membaca kartu ucapan selamat ulang tahun dari penjuru dunia.

Olivera memiliki 4 anak, 9 cucu dan 15 cicit. Salah seorang anak perempuannya, Maria Antonia (82) berada di antara keluarga yang turut merayakan ulang tahun sang ayah di rumah mereka, di Desa Bienvenida, Badajoz, selatan-barat Spanyol.

Tidak hanya Olivera, kedua saudara laki-lakinya juga panjang umur, yaitu 97 dan 93 tahun. Olivera sendiri menjadi manusia tertua di dunia setelah kematian warga Israel kelahiran Polandia, Yisrael Kristal pada 11 Agustus.

Mantan petani ini turut mengangkat senjata di Perang Rif pada paruh awal 1920-an antara Spanyol dan suku Berber dari Pegunungan Rif di Maroko. Setiap hari hingga usianya 107 tahun, Olivera berjalan-jalan di sekitar desanya seorang diri.

Dinukil dari Daily Mail, Kamis (14/12/2017), Olivera mulai kembali membaca pada usia 98 tahun setelah menjalani operasi katarak. Seumur hidupnya, kata para kerabat, Olivera hanya dua kali mengunjungi rumah sakit, termasuk operasi tadi.

Keluarga Olivera menyebut, rahasia umur panjangnya adalah kedisiplinan pria itu menjalani diet berbasis sayuran yang ia tanam sendiri. Selain itu, Olivera juga rutin meminum segelas anggur merah setiap hari.

Olivera juga dikenal sebagai Marchena karena kesukaannya pada seorang penyanyi flamenco yang menggunakan nama panggung tersebut. Hingga kini, Olivera merupakan salah satu dari 30 orang yang berusia lebih dari 90 tahun di tengah populasi Bienvenida.

Sang putri, Antonia, kini menjadi perawat Olivera. Menurut Antonia, ayahnya dalam kondisi yang amat sehat dan tidak memiliki sakit apa pun.

Sementara itu, Wali Kota Antonio Carmona menambahkan, “Olivera adalah contoh nyata tentang kualitas hidup tidak hanya di wilayah ini, tetapi juga di kawasan bebas polusi dan stres dengan gaya hidup tradisional.”

Pada wawancara dengan Surat Kabar Spanyol, El Mundo, April 2015, Olivera mengatakan, ia masih akan hidup beberapa tahun lagi meski semua temannya sudah meninggal dunia.

“Saya tahu saya sudah tua, tetapi saya tidak merasa demikian,” tegas Olivera.

“Tetapi kadang ia bicara sepanjang hari, dan di hari lainnya ia hanya tidur,” imbuh sang putri, Antonia.

“Seseorang menyebutkan ide untuk membawa ayah ke panti jompo. Dan gagasan itu membuatku sedih,” tukasnya.

(rfa)

Sumber : https://news.okezone.com/read/2017/12/14/18/1830298/pria-tertua-di-dunia-rayakan-ultah-ke-113-ini-rahasianya-panjang-umur

Baca Juga