Polisi Beberkan Kronologi Penangkapan Ratna Sarumpaet

VIVA – Kepolisian dan Imigrasi Bandara Soekarno Hatta berhasil mengamankan Ratna Sarumpaet di Bandara Soekarno Hatta Tangerang pada pukul 20.30 WIB, Kamis, 04 Oktober 2018.

Ratna dicegah saat berada di dalam pesawat dengan tujuan negara Cile di Gate 2 Terminal II Bandara Soekarno Hatta dengan menggunakan pesawat Turkish Airways TK 057, take off pukul 21.00 WIB.

“Kami langsung mengarahkan Ratna Sarumpaet ke office Imigrasi Terminal II guna dilakukan wawancara. Dari hasil wawancara sementara yang bersangkutan ke negara Cile dalam rangka Kongres perempuan sebagai pembicara yang disponsori oleh Dinas Parawisata DKI Jakarta,” kata Kapolres Bandara Soekarno Hatta, Kombes Pol Victor Yogi Tambunan, saat dihubungi VIVA.

Pencegahan keberangkatan tersebut atas dasar Surat No. R/20621/X/1.24./2018/Datro tentang bantuan pencegahan keluar dari Indonesia atas nama Ratna Sarumpaet yang diduga melakukan tindak pidana penyampaian berita bohong melalui media sosial pada tanggal 02 Oktober 2018 di Jakarta.

“Tepat pukul 22.00 WIB yang bersangkutan sudah meninggalkan Bandara Soekarno Hatta menuju Polda Metro Jaya guna penanganan lebih lanjut,” katanya.

Aktivis Ratna Sarumpaet ditetapkan sebagai tersangka dengan dugaan penyebaran berita bohong atau hoax terkait penganiayaan terhadapnya. Atas kasus tersebut, Ratna terancam 10 tahun penjara.

Ratna sebelumnya mengklarifikasi tak mengalami penganiayaan di Bandung seperti yang dikatakan sebelumnya. Melainkan, Ratna menjalani operasi plastik di Rumah Sakit Bina Estetika di Menteng, Jakarta.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, Ratna dijerat pasal 14 Undang-undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana. Ditegaskan Argo, dia terancam hukuman 10 tahun penjara.

Sumber : https://www.viva.co.id/berita/nasional/1081478-polisi-beberkan-kronologi-penangkapan-ratna-sarumpaet

Baca Juga