Polisi akan Tindak Pedagang yang Jual Mercon

Laporan Misran Asri | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Polisi akan menindak tegas para pedagang yang bersikeras menjual mercon yang dikategorikan berdaya ledak tinggi.

Penindakan itu berupa penyitaan yang akan dilakukan pihak kepolisian bersama petugas Satpol PP yang akan melaksanakan penertiban.

Penegasan itu disampaikan Kapolresta Banda Aceh, AKBP Trisno Riyanto SH kepada Serambinews.com, Rabu (6/6/2018).

Baca: Ribuan Mercon Berdaya Ledak Disita, Ini Bahaya Penggunaannya

“Kami imbau seluruh masyarakat di wilayah hukum Polresta Banda Aceh, untuk tidak mengedar atau memperjualbelikan mercon. Bila ditemukan, maka petugas akan menyitanya,” kata AKBP Trisno.

Menurutnya, mercon-mercon yang disita sebelumnya dari sebuah toko distributor di Gampong Baro, Kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh, 20 Mei 2018 lalu, mengandung bahan peledak tinggi, sehingga pelakunya berinisial Th ikut digelandang ke Mapolresta untuk dimintai keterangannya.

“Kita sudah melalui uji ke Labarotorium Forensik Medan dan seluruh bahan peledak yang kami sita itu mengandung bahan peledak tinggi. Atas dasar itulah, penggunaan mercon-mercon serupa sangat dilarang. Di samping tidak ada izin, penggunaannya juga cukup berbahaya, salah satunya bisa menyebabkan kebakaran dan membuat warga tidak nyaman, apalagi di bulan puasa ini,” pungkas Trisno. (*)

Selengkapnya baca Harian Serambi Indonesia, edisi Kamis 7 Juni 2018

Sumber : http://aceh.tribunnews.com/2018/06/07/polisi-akan-tindak-pedagang-yang-jual-mercon

Baca Juga