Polda Larang Anggotanya Berfoto Bersama Kontestan Pilkada! Ini Pesan Kapolda Kepri!

TRIBUNBATAM.id, BATAM-Jelang masa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang serta memasuki tahun Politik pada tahun ini, Kapolda Kepri Irjen Pol Drs Didid Widjanardi mengimbau,

agar jajaran anggota Polri di seluruh wilayah Provinsi Kepulauan Riau tidak melakukan foto bersama dengan pasangan calon Kepala Daerah, baik itu pasangan calon Gubernur, Walikota, maupun Bupati.

Dijelaskan Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Drs Erlangga, adanya larangan foto bersama pasangan calon Kepala Daerah, karena untuk menjaga netralitas aparat penegak hukum selama masa demokrasi berlangsung hingga bulan Juni mendatang.

“Sesuai arahan Pak Kapolri, bahwa seluruh anggota personil Polri harus bersikap netral. Tidak boleh melakukan foto bersama dengan calon kepala Daerah,” kata Erlangga, Sabtu (13/1/2018).

Erlangga mengatakan, larangan dan intruksi tersebut bukan hanya berlaku di Provinsi Kepulauan Riau, namun juga berlaku untuk semua personil aktif Polri diseluruh daerah di Indonesia jelang masa Pilkada.

Dimana semua foto dengan calon Kepala Daerah dilarang, baik itu secara foto selfie ataupun foto bersama.

“Polri harus bersikap netral. Tugas kami adalah menjaga kondusifitas demokrasi selama masa Pilkada berlangsung, jadi tidak ada saling dukung,” ujar Erlangga.

Erlangga menyampaikan, jika ada personil Polri yang melakukan foto bersama dengan calon Kepala Daerah, hal itu ditakutkan akan dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan kebutuhan kampanye.

“Jadi seolah-olah polri mendukung seseorang dalam pemilihan calon, ini yang dihindari. Oleh sebab itu intruksi ini berlaku untuk semua, tanpa terkecuali keluarga Polri yang turut dalam pencalanon Kepala Daerah,” ujarnya.

Terkhusus di Kepulauan Riau, kata Erlangga, jika ditemukan, Polri sendiri akan mengusut bila ada dugaan keberpihakan aparat kepolisian dalam pemilihan Kepala Daerah.

Oleh sebab itu, Ia mengajak masyarakat untuk ikut memantau dan mengawasi netralis aparat kepolisian didalam Pilkada.

“Kalau masyarakat ada yang menemukan, silakan informasikan kepada kami,” katanya.

Erlangga menambahkan, kebijakan larangan berfoto juga telah dikeluarkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), adanya larangan aparatur sipil negara (ASN) atau PNS berfoto bersama calon kepala daerah.(*)

Sumber : http://batam.tribunnews.com/2018/01/14/polda-larang-anggotanya-berfoto-bersama-kontestan-pilkada-ini-pesan-kapolda-kepri

Baca Juga