Peringati Hari Batik, Facebook Hadirkan Story Hari Batik

TEMPO.CO, Jakarta – Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional, Facebook menghadirkan story bertema batik. Pengguna bisa menggunakannya untuk ikut serta dalam merayakan Hari Batik Nasional.

Baca: Hari Batik, Tips Mencuci Batik Jika Tak Tahan Bau Lerak

“Kami memahami bahwa orang lebih suka merayakan hari istimewa bersama dengan teman dan keluarganya, sehingga kami menguji coba sebuah cara baru agar orang bisa berkumpul bersama melalui fitur Stories,” ujar Product Manager Facebook Sam Parker, Selasa, 2 Oktober 2018.

Hari Batik Nasional merupakan perayaan nasional Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO. Hari ini, tepat pada tanggal yang sama, masyarakat turut merayakannya dengan menggunakan batik.

Cara kerja fitur Story Hari Batik mudah. Jika teman Anda memposting Story mereka ke kumpulan Story Hari Batik, Anda akan melihatnya di bagian atas Kabar Beranda, sama seperti tampilan Story pada umumnya. Pengguna memungkinkan melihat sebuah pesan dari Facebook di Kabar Beranda yang secara langsung menghubungkan pengguna dengan Story Hari Batik.

Selain itu bisa meng-klik Story Hari Batik untuk melihat bagaimana teman-teman Anda merayakan Hari Batik. Tambahkan story dengan memilih ‘Tambahkan ke Story’, yang akan mengarahkan ke Kamera Facebook, di mana pengguna dapat mengambil foto atau video.

Menambahkan story ke Story Hari Batik tidak akan otomatis muncul pada story personal pengguna, tapi bisa memilih untuk mengunggah cerita tersebut sekaligus ke Story Hari Batik dan story personal.

Pengguna hanya akan melihat Story Hari Batik dari teman-temannya yang tinggal di beberapa negara tempat uji coba Facebook. Dan hanya teman-teman yang berada di negara tersebut dapat melihat story apabila menambahkan story ke kumpulan Story Hari Batik.

Story Hari Batik hanya akan muncul selama 24 jam, sama seperti story lainnya. Saat ini, Story Hari Batik hanya akan diuji coba kepada sebagian masyarakat Indonesia. Fitur serupa sudah pernah diuji coba di Vietnam untuk Festival Pertengahan Musim Gugur.

Simak artikel menarik lainnya tentang Facebook dan Hari Batik Nasional hanya di kanal Tekno Tempo.co

Sumber : https://tekno.tempo.co/read/1132311/peringati-hari-batik-facebook-hadirkan-story-hari-batik

Baca Juga