Penyebab Bibir Menghitam, dari Alergi sampai Dehidrasi

TEMPO.CO, Jakarta – Bibir merah dan sehat adalah dambaan setiap orang. Ada banyak orang yang mencoba memakai produk bibir untuk membuat bibir menawan seperti lipstik, lip balm, hingga lip scrub.

Namun, sadarkah Anda, ternyata ada banyak hal sepele yang masih sering dilakukan banyak orang dan berdampak buruk pada bibir, bahkan membuatnya hitam? Berikut hal-hal sepele yang bisa sebabkan bibir terlihat hitam.

#Dehidrasi
Kekurangan cairan bisa menjadi salah satu penyebab mengapa bibir menghitam. Dehidrasi dapat membuat bibir kering. Bibir yang kering dan pecah-pecah akan menyebabkan bibir terlihat lebih kusam dan hitam.

#Produk bibir yang salah
Penggunaan produk bibir punya peran yang penting untuk merawat kesehatan bibir. Karena itu, pilihlah produk bibir yang berkualitas dan memiliki kandungan yang jelas serta hindarilah produk yang telah kadaluwarsa.

#Alergi
Alergi juga bisa menyebabkan bibir terlihat hitam. Alergi tersebut bisa saja disebabkan oleh produk bibir, pasta gigi, ataupun obat-obatan yang sedang dikonsumsi.

#Terkena sinar matahari
Berada di bawah terik sinar matahari ternyata tidak hanya berdampak buruk pada kulit tapi juga kesehatan bibir. Bibir bisa menghitam jika terlalu lama terpapar sinar matahari. Karena itu, jangan lupa untuk mengoleskan lip balm yang mengandung SPF.

#Mengkonsumsi kafein
Bila Anda terlalu sering mengkonsumsi kafein, ada baiknya untuk mengurangi. Pasalnya, mengkonsumsi kafein terlalu sering akan berdampak buruk pada kesehatan bibir hingga membuatnya menghitam.

TABLOIDBINTANG

Baca juga:
Warna Bibir Cermin Sehat Tidaknya Tubuhmu
Malu Punya Bibir Hitam, Cerahkan dengan Bahan Berikut
Atasi Bibir Kering dan Pecah-pecah dengan Minyak Alami

Sumber : https://cantik.tempo.co/read/1049613/penyebab-bibir-menghitam-dari-alergi-sampai-dehidrasi

Baca Juga