MotoGP Inggris Batal, Salah Sirkuit Silverstone?

Jakarta – Pihak MotoGP mempertanyakan Sirkuit Silverstone atas pembatalan balapan, Minggu (26/8/2018) kemarin. Benarkah semua disebabkan karena permukaan baru di lintasan tersebut?

MotoGP Inggris yang sedianya dimulai pukul 19.00 WIB dimajukan ke pukul 17.30 WIB karena kekhawatiran adanya cuaca buruk. Apa yang ditakutkan ternyata kemudian terjadi, cuaca buruk mengganggu rencana race.

Setelah sempat diundur berulang kali, race director akhirnya memutuskan balapan dibatalkan. Alasannya: cuaca buruk dan banyak genangan air di trek.

Race director, Mike Webb, mempertanyakan kondisi yang terjadi kemarin. MotoGP Inggris sering diganggu cuaca, tapi tak pernah membuat kondisi lintasan tergenang banyak air.

“Kami punya banyak pengalaman bertahan-tahun, untuk menggelar balapan pada lintasan sangat basah. Dengan permukaan yang lama, kita bisa menggelar balapan,” ucap Webb dikutip dari BBC.

Pada Februari lalu lintasan Silverstone memang baru dilapisi aspal baru. Muncul kecurigaan kalau aspal baru tersebut yang menyebabkan banyaknya genangan air.

“Semua pekerjaan yang kami lakukan di sini adalah untuk membuat Silverstone menjadi sirkuit yang lebih baik untuk menggelar balapan. Kami sudah melakukan itu. Kami akan melakukan investigas lebih jauh terkait masalah ini setelah hari libur nasional, untuk mengetahui apakah lintasan yang baru diaspal punya pengaruh terhadap ketidakmampuan menggelar balapan,” jawab Direktur Pengelola Silverstone, Stuart Pringle.

“Kami akan melihat data yang kami punya di lintasan dan mengumpulkan lebih banyak lagi bersama kontraktor, Aggregate Insdustries. Investigasi penuh akan dilakukan,” lanjutnya.
(din/cas)


Sumber : https://sport.detik.com/moto-gp/d-4184325/motogp-inggris-batal-salah-sirkuit-silverstone

Baca Juga