MotoGP 2018: Waktunya MotoGP Italia di Mugello

JakartaMotoGP 2018 memasuki seri keenam di sirkuit Mugello dalam MotoGP Italia, yang dalam beberapa musim terakhir justru didominasi rider Spanyol.

MotoGP.com menyebut bahwa rider tuan rumah Valentino Rossi sebenarnya paling sering menang dalam balapan kelas primer seri tersebut, yakni sebanyak tujuh kali. Tapi rider Movistar Yamaha itu belum pernah lagi berjaya selepas 2008.

MotoGP Italia tahun 2017 lalu menghadirkan rider tuan rumah lainnya, Andrea Dovizioso (Ducati), sebagai pemenang. Kemenangan awal Dovizioso di musim 2017 itu juga menjadi yang pertama buat rider Italia di Mugello dalam beberapa tahun terakhir.

Sebelum kemenangan Dovizioso, MotoGP Italia justru didominasi para rider Spanyol selama tujuh musim berturut-turut (2010-2016). Trio Spanyol Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo, dan Marc Marquez gantian menguasai podium teratas Mugello di periode tersebut.

Menjelang MotoGP Italia 2018 pada akhir pekan, nama-nama itu niscaya bakal kembali ikut meramaikan persaingan. Selain itu, akan ada pula rider-rider lain yang berpotensi bikin persaingan tambah sengit.

Sebut saja pebalap Italia Danilo Petrucci yang finis kedua pada balapan sebelumnya di Le Mans. Atau kompatriotnya, Andrea Iannone, yang hasil buruknya di MotoGP Prancis mengakhiri tren dua kali finis ketiga pada seri-seri sebelum itu.

Jangan lupakan pula rider Spanyol Maverick Vinales, yang kini masih berusaha meraih kemenangan pertamanya di MotoGP 2018 walaupun tetap mampu berada di posisi kedua papan klasemen. Pebalap muda Prancis Johann Zarco pun tak bisa dikesampingkan.

MotoGP Italia di akhir pekan jadi kian menarik untuk dinantikan mengingat Marquez sudah memenangi tiga seri terakhir. Sang juara bertahan terus menjauhi para rival dan kini sudah unggul 36 poin atas Vinales. Bagaimana setelah akhir pekan ini?


(krs/din)
Sumber : https://sport.detik.com/moto-gp/d-4042612/motogp-2018-waktunya-motogp-italia-di-mugello

Baca Juga