Menhub: Uji Coba Ganjil Genap Tol Tangerang Selama Sebulan

VIVA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan pengecekan terkait persiapan penerapan uji coba aturan ganjil genap di Tol Tangerang arah Jakarta. Rencananya, uji coba ganjil genap ini berlaku mulai Senin besok, 16 April 2016.

Uji coba mulai pukul 06.00 WIB hingga 09.00 WIB dan akan dilakukan paling lama hingga satu bulan.

“Uji cobanya akan dilakukan selama satu bulan, kalau nantinya kita rasa uji coba tersebut berjalan lancar dan aturannya pas untuk diterapkan, tentu selanjutnya akan diberlakukan secara tetap dengan aturan-aturan yang ada,” kata Budi di Tangerang, Minggu, 15 April 2018.

Ia mengatakan, dalam penerapan aturan ganjil genap, pihaknya akan menyediakan area parkir di sejumlah titik seperti Alam Sutera, Poris Plawad dan Tangerang. Namun, ia mengingatkan selama uji coba ini akan menjadi tolak ukur sistem tersebut lanjut atau tidak diterapkan.

“Kita masih identifikasi, pas atau tidaknya aturan ini diberlakukan di Tangerang-Jakarta, kalau sudah pas nantinya ada larangan operasional kendaraan dengan sumbu tiga melalui beberapa tol, dibuatkan pula jalur khusus bus ditambah akan ada penambahan kantung parkir,” ujar Budi.

Budi pun optimis, uji coba yang akan dilakukan besok hari akan berjalan lancar dan sesuai dengan yang diinginkan.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono juga menyampaikan pandangannya terkait penerapan aturan ganjil genap di wilayah hukumnya. Pihak kepolisian akan melakukan tindakan persuasif.

“Sejauh ini tindakannya persuasif, karena masih uji coba. Sementara, untuk personel sendiri akan bersifat situasional. Jadi, kita akan back up berapa pun personel yang dibutuhkan,” tuturnya.

 

Sumber : https://www.viva.co.id/berita/bisnis/1026731-menhub-uji-coba-ganjil-genap-tol-tangerang-selama-sebulan

Baca Juga