Mengejutkan, Survei Kompas: Elektabilitas Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Disalip Deddy-Dedi

TRIBUN-MEDAN.com – Kali pertama, tingkat elektabilitas pasangan calon gubernur Jabar  Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul disalip oleh kompetitornya. Padahal selama ini elektabilitas pasangan Rindu selalu menang telak. 

Pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi memimpin dalam survei elektabilitas Pilkada Jawa Barat yang dipublikasikan Litbang Kompas di harian Kompas, Rabu (14/3/2018).

Elektabilitas pasangan Deddy-Dedi atau Duo D ini mencapai 42,8 persen suara.

Disusul kemudian pasangan Rindu atau Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul yang memperoleh 39,9 persen. Sementara pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik) meraih 7,8 persen dan pasangan TB Hasanuddin-Anton Charliyan (Hasanah) menggaet 3,1 persen. Adapun 6,4 persen responden tidak menjawab atau rahasia.

Anda dapat membaca lengkap laporan Litbang Kompas ini di harianKompas yang terbit Rabu (14/3/2018) di halaman 5. Atau, Anda juga bisa membaca versi digitalnya di Kompas.id“Ujian Loyalitas Partai Kader”.

 

Pilkada Jawa Barat
Infografik Peluang Keterpilihan Paslon Pilkada Jawa Barat (Sumber: Litbang Kompas 2018/RFC/BES | Infografik: Dimas)

Sementara itu, jika dilihat keterpilihan pasangan calon berdasarkan partai pendukung, dalam survei ini, Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi mendapat dukungan Golkar-Demokrat 52,9 persen; PDI-P 41,6 persen, Gerindra, PKS, dan PAN 35,5 persen; serta Nasdem, PPP, PKB, dan Hanura 28,8 persen. 

Selanjutnya diikuti pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul yang meraih 34,2 persen dari Golkar-Demokrat; 43,2 persen dari PDI-P; 36,4 persen dari Gerindra, PKS, dan PAN; serta 62,7 persen dari Nasdem, PPP, PKB, dan Hanura.

Berikutnya, untuk pasangan TB Hasanuddin-Anton Charliyan Sudrajat-Ahmad Syaikhu, dari Golkar-Demokrat memperoleh 3,2 persen; PDI-P 8,0 persen; Gerindra, PKS, dan PAN 0,8 persen; serta Nasdem, PPP, PKB, dan Hanura 1,7 persen.

Yang terakhir, pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu memperoleh 4,3 persen dari Golkar-Demokrat; 4,0 persen dari PDI-P; 21,5 persen dari Gerindra, PKS, dan PAN; serta 3,4 persen dari Nasdem, PPP, PKB, dan Hanura. 

Dari survei yang dilakukan berupa pertanyaan bersifat langsung dan simulasi surat suara yang bersifat tertutup itu, didapat hasil bahwa keterpilihan suatu pasangan dipengaruhi seberapa dikenalnya pasangan itu oleh masyarakat di daerah tersebut.

Sumber : http://medan.tribunnews.com/2018/03/14/mengejutkan-elektabilitas-ridwan-kamil-uu-ruzhanul-disalip-deddy-dedi-atau-duo-d

Baca Juga