LRT Palembang Diluncurkan 20 April

VIVA – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan merencanakan launching atas kedatangan kereta atau trainset Light Rail Transit (LRT) Palembang, Jumat, 20 April 2018.

Launching LRT dilakukan pada 20 April dengan pembukaan selubung trainset. Insha Allah Gubernur (Alex Noerdin) akan datang dan Menhub (Budi Karya Sumadi) juga diundang,” kata Sekretaris Daerah Sumsel, Nasrun Umar, Selasa, 17 April 2018.

Menurut Nasrun, sebagai moda transportasi pertama di Indonesia, LRT mesti diperkenalkan kepada masyarakat sebagai sebuah kebanggaan. Apalagi, dalam perjuangan mendapatkan LRT bersaing dengan delapan provinsi.

“Kenapa ini kami besarkan? Karena saat memperjuangkan LRT kami bertarung dengan delapan provinsi. Dengan ridho Allah kami  yang disetujui. Kami yang pertama, walaupun rencana pembangunan Jakarta lebih dulu. Ini sebuah kebanggaan,” ujarnya menambahkan.

Hingga saat ini, baru dua trainset yang datang dari jumlah delapan trainset. Sisa enam trainset akan hadir ke Palembang secara bertahap hingga akhir Mei dan segera dilakukan operasional LRT.

Mengenai model trainset, Nasrun mengakui, berbeda dengan LRT di Jakarta. Bahkan, trainset LRT Palembang merupakan produk dari PT Industri Kereta Api (Inka). Sementara trainset LRT Jakarta merupakan produksi luar negeri.

“Walaupun produk PT Inka, namun tidak kalah dengan buatan luar. Kami yakin produksi PT Inka mampu bersaing. Apalagi keseluruhannya menggunakan mesin dari Jerman yang rangkaiannya disupervisi langsung oleh tim perusahaan Bombardier,” ujar Nasrun menjelaskan.

Untuk tarif LRT masih dalam pembahasan. Meski demikian, Nasrun bisa memastikan akan ada subsidi dari pemerintah hingga Desember 2018. “Setelah itu kami akan mandiri dengan memanfaatkan sarana dan infrastruktur yang ada,” ujarnya. (mus)
 

Sumber : https://www.viva.co.id/berita/nasional/1027420-lrt-palembang-diluncurkan-20-april

Baca Juga