Liburan Lebaran, Yuk Melancong ke 10 Destinasi Madiun Ini

TEMPO.CO, Jakarta – Madiun barangkali menjadi salah satu kota yang akan Anda lewati bila mudik menyusuri Pulau Jawa saat liburan Lebaran ini. Bila melintasi kota yang terkenal dengan kuliner pecelnya itu, Anda sebaiknya tak lupa untuk mampir.

Akun Instagram resmi Kementerian Pariwisata pada 9 Juni lalu merilis, ada 10 destinasi wisata menarik di Madiun yang direkomendasikan kepada pemudik untuk disambangi saat liburan Lebaran ini. Beberapa di antaranya lekat dengan petilasan sejarah. Berikut ini tempat-tempat wisata yang lokasinya berada di sekitar pusat kota tersebut.

1. Monumen Kresek
Monumen yang berlokasi di Desa Kresek ini berjarak 8 kilometer dari pusat Kota Madiun.
Salah satu patung di Monumen Kresek, Madiun. (instagram @kemenpar)
Monumen Kresek merupakan tempat untuk napak tilas sejarah Madiun yang menjadi saksi pemberontakan komunis pada 1948. Terdapat sejumlah prasasti, relief, dan patung yang menggambarkan para tokoh TNI.

2. Situs Bersejarah Nglambangan
Situs ini berjarak 7 kilometer dari pusat kota. Lokasi tepatnya berada di Desa Nglambangan, Kecamatan Wungu. Situs Nglambangan merupakan petilasan zaman Majapahit. Di sini ditemukan sejumlah peninggalan, di antaranya Pura Lambangsari, pesiraman, dan beberapa bangunan kuno yang dianggap keramat.

3. Sun City Water and Theme Park
Wahana bermain air anak-anak dan keluarga ini adalah arena wisata buatan di Madiun. Lokasinya tepat di pusat kota. Di sini terdapat kolam berenang dan berbagai jenis luncuran air serta taman bermain yang masuk dalam area theme park.

Baca juga: Merayakan Kuningan dengan Tradisi Makotekan di Desa Adat di Bali

Sun City Water and Theme Park buka pukul 11.00 sampai sore pukul 17.00 saat hari H Lebaran. Sedangkan hari biasa buka mulai pukul 08.00 sampai 17.00. Harga tiket di masa libur berkisar Rp 60 ribu untuk terusan (theme park dan kolam renang). Sedangkan untuk berenang saja Rp 35 ribu.

4. Makam dan Masjid Kuno Taman
Situs religi ini berlokasi di Jalan Asahan Nomor 46, Taman, pusat Kota Madiun. Konon, masjid itu dibangun oleh Kiai Ageng Misbach dan memiliki nama lain Masjid Donopuro. Masjid ini didirikan pada 1754.
Makam dan Masjid Kuno Taman di Madiun (Instagram @kemenpar)

Bangunan utama masjid itu terbuat dari kayu jati. Dari semula dibangun sampai sekarang, bentuk masjid tidak berubah. Adapun di sekitar kompleks masjid, terdapat makam para mantan Bupati Madiun.

5. Dumilah Water Park
Tak jauh dari Suncity Waterpark, tepatnya di Jalan Slamet Riyadi, Kegen, Madiun, Dumilah bisa Anda sambangi. Ini merupakan arena berenang yang tak kalah seru. Dalam arena bermain air itu terdapat sejumlah wahana seperti perosotan dengan tantangan yang berbeda-beda. Adapun harga tiketnya jauh lebih murah, yakni mulai Rp 5 ribu.

6. Waduk Bening Widas
Bagi penyuka fotografi, Waduk Bening Widas bisa menjadi salah satu alternatif. Jaraknya memang cukup jauh dari kota, yakni mencapai 40 kilometer. Namun, begitu sampai di sana, Anda akan melihat bendungan air yang sangat luas. Luas muka air waduk ini mencapai 570 hektare dengan volume normal mencapai 33 juta eter kubik. Waduk ini dikelola oleh Jasa Tirta.

7. Air Terjun Seweru
Tak cuma punya lansekap kota, Madiun memiliki pemandangan berupa pegunungan. Di lereng Gunung Wilis, Anda bisa menjumpai panorama desa dengan hamparan hijauan.
Air terjun di lereng Gunung Wilis yang menjadi salah satu atraksi wisata di Madiun.(instagram, @kemenpar)
Tampak sejuk dan khas pegunungan. Ada pula Air Terjun Seweru yang berada di kawasan pegunungan tersebut. Lokasinya berjarak 15 kilometer dari Kota Madiun. Obyek wisata Air Terjun Seweru membentang seluas 6 hektare.

8. Air Terjun Krecekan Denu
Tak jauh dari Seweru, terdapat pilihan air terjun lain, yakni Air Terjun Krecekan Denu. Air terjun ini bertempat di Desa Kepel, Grape, Madiun. Air terjun ini konon belum banyak dikunjungi oleh wisatawan dan disebut sebagai tempat wisata yang masih perawan. Namun, perlu perjuangan untuk sampai di sana. Pengunjung perlu berjalan cukup jauh ke bawah dengan jalur yang lumayan membuat lelah.

Baca juga: SoulBytes, Menyeruput Kopi Bersama Filosofi agar Hidup Berarti

9. Air Terjun Banyulawe
Air terjun ini berlokasi 20-an kilometer dari pusat kota. Air terjun ini berada di bawah, berjarak 250 meter dari lokasi parkir. Pengunjung harus turun jalan kaki. Namun perjalanan tak akan terasa karena suara gerojogan air sudah terdengar dari tempat parkir. Sesampainya di lokasi, pengunjung akan menyaksikan limpahan air terjun yang tinggi. Di sampingnya terdapat pepohonan yang asri.

10. Wana Wisata Grape
Wahana wisata keluarga ini berlokasi di Kresek, Madiun. Ini menjadi salah satu lokasi wisata yang bisa dikunjungi semua usia saat liburan seperti sekarang ini. Di sini, pengunjung dapat melepas penat melihat sawah dan perkebunan serta hutan. Wana wisata ini memiliki udara sejuk karena berada di ketinggian 1.000 mdpl dan masuk kawasan Badan Kesatuan Pemangkuan Hutan Brumbun, Resor Pemangkuan Hutan Kresek, dan Kesatuan Pemangkuan Hutan Madiun.

Sumber : https://travel.tempo.co/read/1097421/liburan-lebaran-yuk-melancong-ke-10-destinasi-madiun-ini

Baca Juga