Kuliner Asia hingga Melayu untuk Santapan Utama Trump dan Kim Jong Un

TEMPO.CO, Jakarta — Pertemuan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong Un berlangsung hari ini, Selasa, 12 Juni 2018, di Hotel Capella, Pulau Sentosa, Singapura. Di sela perjumpaan pertamanya yang bersejarah itu, keduanya menyempatkan makan siang bersama.

Jurnalis ABC News, Meridith McGraw, melalui akun Twitter-nya @meridithmcgraw mengunggah daftar menu makan siang Trump dan Kim Jong Un.

“The White House released the menu for today’s working luncheon — prawns, avocado salad, beef short ribs, sweet and sour pork, and Häagen Dazs ice cream for dessert (Gedung Putih merilis menu untuk makan siang hari ini–udang, salad alpukat, daging iga sapi, babi asam manis, dan es krim Häagen Dazs untuk pencuci mulut),” tulis McGraw melalui akun Twitter resminya pada Selasa siang, 12 Juni 2018.

Pada unggahan foto menu itu, selain beragam masakan babi, terdapat daftar beragam makanan Melayu dan Asia. Tertulis di dalamnya menu kerabu mangga yang disajikan dengan madu dan lemon.

Oiseon, sajian tradisional asal Korea yang berbahan utama mentimun. (i.pinimg.com)
Lalu tersaji pula oiseon. Oiseon adalah santapan khas Korea yang dihidangkan dengan timun. Kerabu mangga dan oiseon termasuk dalam menu utama.

Kedua menu ini dilengkapi dengan makanan berat lainnya, seperti iga sapi yang dihidangkan dengan kentang dauphinois. Lalu dihiasi taburan brokoli uap serta saus anggur merah di sampingnya.

Untuk tambahan menu Asia, disediakan daedu jorim berisi ikan kod yang direbus bersama kedelai dan lobak. Ditambah pula dengan sayur Asia yang dihidangkan masih sebagai menu utama.

Menu makan siang komplet itu ditutup dengan pencuci mulut berupa es krim dan  dark chocolate.


ABC NEWS | ECONOMIC TIMES | TIME 

Sumber : https://travel.tempo.co/read/1097794/kuliner-asia-hingga-melayu-untuk-santapan-utama-trump-dan-kim-jong-un

Baca Juga