Kini Giliran Kereta LRT Jakpro Tiba di Priok, ini Tampangnya

VIVA – Proyek Light Rail Transit rute Velodrome-Kelapa Gading sepanjang 5,8 kilometer terus dikebut pembangunannya. Proyek yang diperuntukkan mendukung gelaran Asian Games 2018 itu progres pembangunannya telah hampir selesai.

Sementara itu, untuk pengadaan sarana atau rolling stock kereta ditargetkan dimulai pada April 2018. Dan pada Jumat 13 April 2018 kereta LRT Jakarta yang didatangkan dari Korea Selatan, telah tiba di pelabuhan Tanjung Priok.

Dikutip dari Instagram Direktur Utama Jakarta Propertindo, Satya Heragandhi @sheragandhi, Sabtu 14 April 2018, dengan datangnya kereta LRT pesanan Jakpro dari Korea Selatan, maka akan menjadi sejarah baru dalam sistem transportasi di Jakarta.

Menurut dia, kereta LRT yang sudah ditunggu-tunggu kehadirannya di Ibu Kota itu segera beroperasi dalam satu bulan ke depan. Kereta tersebut akan melakukan sejumlah proses pengetesan dan pengujian sebelum resmi beroperasi.

“Dalam satu bulan insya Allah akan siap untuk dilakukan proses pengetesan, dan semoga pada Juli 2018 sudah bisa dioperasikan sesuai rencana. Mohon doa untuk menyelesaikan pekerjaan ini dengan sebaik-baiknya dan amanah,” jelas Satya dikutip dari instagramnya.

Perlu diketahui, kereta LRT Jakarta yang dipesan dari Korea Selatan ini memiliki desain berbeda dan mengikuti dengan kepadatan kota. LRT Jakpro didesain untuk konfigurasi dua cars per setnya dan bisa disambung.

Per set, lanjut dia, bisa mengangkut hingga 279 penumpang. Konfigurasinya pun bisa tiga set ataupun lebih tergantung dari demand dan panjang stasiun.

Adapun dalam penampakannya, di badan kereta didominasi warna merah dan putih. Kereta tersebut mirip sekali dengan Sky Train yang saat ini telah beroperasi di Bandara Soekarno-Hatta. (one)

Sumber : https://www.viva.co.id/berita/bisnis/1026517-kini-giliran-kereta-lrt-jakpro-tiba-di-priok-ini-tampangnya

Baca Juga