Ketua DPR Mau Produk Kecantikan Indonesia Masuk Kazakhstan

VIVA – Ketua Senat Parlemen Kazakhstan H.E. Mr Kassym Jomart Tokayev dan delegasi anggota Parlemen Kazakhstan mengunjungi gedung DPR RI. Kedatangannya untuk melakukan komunikasi dengan pimpinan DPR.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo, mengatakan, dalam pertemuan itu dia berharap ada beberapa sektor yang bisa dilakukan kerja sama antara Kazakhstan dengan Indonesia.

“Yang dapat lebih ditingkatkan antara lain bidang pendidikan, kebudayaan dan pariwisata. Jadi tak hanya ekonomi,” ujar Bambang di Jakarta, Rabu, 14 Maret 2018.

Dalam pertemuan itu, Bambang sekaligus mengundang Senat Parlemen Kazakhstan hadir dalam World Parliamentary Forum On Sustainable Development 2018.  Ia menekankan Forum Parlemen Dunia ini diinisiasi dan diselenggarakan di Indonesia.

“Kami harap di tahun 2018 Senat Parlemen Kazakhstan bisa berpartisipasi. Bersama kita mencari solusi terbaik mengurangi kemiskinan, kesenjangan dan ketidakadilan, serta menghadapi perubahan iklim dalam kerangka pembangunan berkelanjutan,” ucap dia.

Bambang menambahkan, memasuki 25 tahun hubungan diplomatik  Indonesia – Kazakhstan, hubungan kedua negara terus berjalan dengan baik. Tidak ada masalah politik maupun gangguan lainnya. Kedua negara juga sudah membentuk Komisi Bersama Kerja Sama Ekonomi dan Forum Konsultasi Bilateral.

“Saya minta tolong Mr. Kassym Jomart Tokayev memberikan kemudahan bagi Indonesia melakukan ekspor beberapa produk ungulan yang sudah masuk ke Kazakhstan, antara lain minyak kelapa (kopra), minyak sayur, produk kecantikan kulit dan lem,” ungkap Bambang.

Sementara menanggapi tawaran Bamsoet,  Kassym Jomart Tokayev menyambut baik dan menjelaskan Kazakhstan saat ini aktif terlibat dalam One Belt One Road yang digagas China. Hal ini menurutnya membuat Kazakhstan mempunyai akses kerja sama ke pelabuhan di China.

“Kami menilai Indonesia merupakan key partner dalam mengembangkan hubungan Kazakhstan ke berbagai negara lain di Asia Tenggara. Kami harap melalui akses pelabuhan di China, bisa mempermudah akses laju barang Indonesia – Kazakhstan sehingga dapat meningkatkan kerja sama perdagangan kedua negara,” kata Kassym Jomart Tokayev. (one)

Sumber : https://www.viva.co.id/berita/nasional/1016152-ketua-dpr-mau-produk-kecantikan-indonesia-masuk-kazakhstan

Baca Juga