Kerusuhan Maut di Penjara AS Tewaskan 7 Narapidana

South Carolina – Sebuah kerusuhan maut melanda sebuah penjara dengan pengamanan ketat di South Carolina, Amerika Serikat (AS). Sedikitnya tujuh narapidana tewas dan 17 orang lainnya luka-luka dalam kerusuhan ini.

Disampaikan Departemen Pemasyarakatan South Carolina, seperti dilansir AFP, Senin (16/4/2018), kerusuhan pecah di Lembaga Pemasyarakatan Lee di Bishopville, South Carolina, pada Minggu (15/4) malam waktu setempat.


Kerusuhan itu berhasil diredakan pada Senin (16/4) dini hari, pukul 02.55 waktu setempat. Situasi berhasil dikendalikan, namun terungkap ada korban jiwa akibat kerusuhan itu.

“Insiden di Lee CI (Correctional Institution) berujung pada 17 narapidana memerlukan perawatan medis di luar dan 7 narapidana lainnya tewas,” sebut Departemen Pemasyarakatan South Carolina dalam pernyataannya via Twitter.

Seluruh sipir penjara dan otoritas penegak hukum yang dikerahkan untuk menangani kerusuhan dinyatakan selamat.


Departemen Pemasyarakatan South Carolina awalnya menyebut kerusuhan ini sebagai ‘insiden yang masih berlangsung’ tanpa menjelaskan lebih rinci. Kerusuhan dilaporkan mulai pecah pada Minggu (15/4) malam, sekitar pukul 19.15 waktu setempat.

“Insiden ini melibatkan banyak pertikaian antar narapidana di tiga unit penjara,” sebut Departemen Pemasyarakatan South Carolina dalam pernyataannya.

Penyebab pertikaian antar narapidana itu tidak diketahui pasti.

(nvc/jbr)

Sumber : https://news.detik.com/internasional/d-3974524/kerusuhan-maut-di-penjara-as-tewaskan-7-narapidana

Baca Juga