Kaum Hawa Diizinkan Mengemudi Sendiri, Showroom Mobil Pertama Khusus Perempuan Dibuka di Arab Saudi

SERAMBINEWS.COM, RIYADH – Sebuah perusahaan swasta Arab Saudi, Kamis (11/1/2018),  membuka showroom mobil pertama khusus perempuan lima bulan setelah perempuan diizinkan mengemudi sendiri.

Ruang pamer mobil itu dibuka di sebuah pusat perbelanjaan di kota bisnis Jeddah.

Di tempat ini para perempuan Saudi bebas melihat dan memilih mobil mereka sebelum mengemudi di jalanan.

Ruang pamer yang seluruh pegawainya adalah perempuan ini menyediakan banyak pilihan mobil dari berbagai merek dan jenis.

(Baca: Ketua PPP Sumut Dicopot Karena Tolak Usung Djarot-Sihar, Begini Tanggapannya)

(Baca: Sepanjang 2017, 20 Jurnalis Terbunuh dalam Sejumlah Aksi Kekerasan ISIS di Afghanistan)

Tempat ini juga menyediakan solusi pembiayaan bagi perempuan yang ingin membeli mobil dengan bekerja sama dengan bank dan lembaga-lembaga finansial.

Dalam sebuah keputusan bersejarah menjelang akhir tahun lalu, Raja Salman bin Abdul Aziz mengizinkan para perempuan Saudi untuk mengemudikan mobil sendiri.

Keputusan Raja Salman ini sekaligus mencabut aturan yang melarang perempuan untuk mengemudi yang sudah berlaku selama hampir tiga dekade.

(Baca: Tentara Israel Tembak dan Bunuh Dua Remaja Palestina, Tiga Orang Lainnya Luka dan Kritis)

(Baca: Ayu Putri Sundari Lolos Babak Showcase Indonesian Idol 2018, Gadis Berhijab Bersuara Rock Abis)

Sebelum larangan ini dicabut, sudah banyak aktivis yang memperjuangkan hak mengemudi bagi perempuan sejak 1990-an harus berurusan dengan hukum.

Setelah diizinkan mengemudi mobil, pada Juni mendatang pemerintah akan mulai menerbitkan surat izin mengemudi bagi perempuan.

Bahkan, nantinya perempuan Saudi juga diizinkan mengendarai sepeda motor. Demikian disebut beberapa laporan media setempat. (Daily Mail,Arab News)

Sumber : http://aceh.tribunnews.com/2018/01/12/kaum-hawa-diizinkan-mengemudi-sendiri-showroom-mobil-pertama-khusus-perempuan-dibuka-di-arab-saudi

Baca Juga