Kampanye di Pelalawan, Syamsuar Sempatkan Kunjungi Istana Sayap

PELALAWAN (CAKPLAH) – Calon Gubernur Riau Syamsuar dalam kampanyenya di Kabupaten Pelalawan Senin (16/4/2018) menyempatkan diri untuk mengunjungi Istana Sayap peninggalan Tengku Sontol Said Ali, Sultan Pelalawan ke 29.

Istana yang memiliki keterkaitan dengan Istana Siak ini pernah dipimpin oleh Sultan Syarif Hasyim II (1892-1930 M) menggantikan Tengku Sontol said Ali yang mangkat bergelar Marhum Mangkat di Balai.

Kedatangan Calon Gubernur Riau yang juga Bupati Siak ini disambut tari persembahan oleh anak-anak di lingkungan Kerajaan Pelalawan itu. Dalam bangunan replika Istana yang megah itu, Syamsuar juga melihat dokumentasi peninggalan kerajaan Istana Sayap.

Beliau bahkan terlihat lama berdiri di depan foto mahkota kerajaan Pelalawan dan foto Sultan Syarif Hasyim II yang merupakan ayah dari Sultan Syarif Qasim yang merupakan Sultan Kerajaan Siak. “Tidak jauh beda dengan kerajaan Siak,” gumamnya ketika melihat foto mahkota Sultan, Senin (16/4/2018).

Menurut Syamsuar, Istana Sayap salah satu peninggalan kerajaan Pelalawan yang harus dijaga dengan baik karena sejarah Pelalawan ini dimulai dari tepian Sungai Kampar yang kini menjadi Desa Pelalawan, Kecamatan Pelalawan, Kabupaten Pelalawan.

Ini juga menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat banyak pengunjungnya. Namun infrastruktur jalan menuju Istana Sayap ini ada yang harus diperbaiki, termasuk pekarangan, halaman dan parkiran kendaraan yang sebagian besar masih tanah.

“Ini perlu dipoles sedikit lagi, istana sayap juga perlu di isi lagi dengan barang-barang peninggalan kerajaan yang masih ada. Agar pengunjung puas datang ke sini,” sebut Syamsuar sembari mendengarkan penjelasan Tengku Zulmizan, putra asli Pelalawan.

Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: [email protected]


Sumber : https://www.cakaplah.com/berita/baca/2018/04/16/kampanye-di-pelalawan-syamsuar-sempatkan-kunjungi-istana-sayap/

Baca Juga