Jokowi Pimpin Upacara HUT TNI ke-73 di Mabes Cilangkap

VIVA – Presiden Joko Widodo menjadi inspektur upacara pada perayaan HUT TNI ke-73 tahun 2018. Berbeda dengan beberapa tahun belakangan, kali ini digelar terkesan sederhana di Mabes TNI, Cilangkap Jakarta Timur, Jumat 5 Oktober 2018.

Dua tahun belakangan misalnya, pada 2016 dan 2017 dilaksanakan di Pantai Indah Kiat Cilegon Banten. Bahkan pada peringatan HUT TNI tahun 2017, Jokowi berjalan sekitar 3 kilometer, akibat macet dan antusias masyarakat yang menyaksikan sangat tinggi.

Hampir setiap perayaan, digelar parade pasukan dan defile alutsista serta latihan gabungan dengan alutsista andalan dari masing-masing matra TNI, Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara.

Sementara itu, untuk tahun ini, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan tidak ada perayaan besar-besaran. Sebab, tradisi TNI menggelar hari jadinya bergantian antara perayaan besar dan perayaan biasa. Adapun tema HUT ke-73 TNI Tahun 2018 adalah “Profesionalisme TNI Untuk Rakyat”.

Dalam siaran persnya, makna yang terkandung dalam tema tersebut adalah Prajurit TNI yang mahir berbasis kompetensi, prajurit TNI yang harus kuat, handal dan semua tugas serta kewajibannya didharmabaktikan untuk rakyat.

Yang senantiasa dipagari oleh doktrin Sapta Marga dan Sumpah Prajurit yang merupakan napas bagi semua prajurit berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Adapun komandan upacara adalah Kolonel Pnb Yoyon Kuscahyono. Ia sehari-harinya menjabat sebagai Asops Kosekhanud II.

Untuk Pengucap Sapta Marga Perwira pertama Lettu Inf M. Z. Firmansyah, S.T.(Han) jabatan Dan Unit I/I/3 Yon 12 Grup I Kopasus dan sebagai cadangan Lettu Laut (S) Agung Yustian, S.Tr.(Han) Askadep Minlog KRI Sutanto 337 Satkor Koarmada 1, dan Lettu Pnb Dimas Aryan Nalendra, S.T.(Han) jabatan Pa Pnb Gol. VIII Skuadron Udara 17 Lanud Halim Perdana Kusuma.

Sementara perwakilan penerima Tanda Kehormatan Republik Indonesia, yaitu Bintang Eka Paksi Nararya diberikan kepada Kolonel CPL Herry Keswanto, jabatan Komandan Pusdik Pal Kodiklat TNI AD.

Bintang Jalasena Nararya diberikan kepada Kapten Mar Sunardi jabatan Kasi UDK Kima Brigif I Pasmar Jakarta. Bintang Swa Buana Paksa Nararya diberikan kepada Peltu Argo Budi Prasetyo jabatan Bintara adminku Progar spersau.

Pasukan yang terlibat Parade berjumlah 1.673 orang adalah dari Batalyon Upacara 1 Perwira Gabungan, yaitu 1 Kompi Upacara Pamen, 1 Kompi Upacara Pama, 1 Kompi Upacara Wanita TNI, 1 Batalyon Upacara TNI AD, 1 Batalyon Upacara TNI AL, 1 Batalyon Upacara TNI AU, 1 Kompi Upacara PNS TNI dan Satsik Type “A” Gabungn TNI.

Sumber : https://www.viva.co.id/berita/nasional/1081499-jokowi-pimpin-upacara-hut-tni-ke-73-di-mabes-cilangkap

Baca Juga