Ini Cara Mudah Perkuat Sinyal Smartphone Saat Lebaran

TEMPO.CO, Jakarta – Biasanya, Lebaran akan jadi hari di mana smartphone sulit sekali mendapatkan sinyal. Tapi tenang saja, Tempo punya sedikit tips memperkuat sinyal yang cenderung lemot. Caranya pun sangat mudah dan sederhana.

Berikut tipsnya:

Baca juga: Game Keren di Smartphone Ini Bisa Bikin Mudik Tambah Asyik

1. Pergi ke Ruang Terbuka
Ini adalah cara paling mudah dan sederhana untuk memperkuat sinyal Internet ponsel kita. Sinyal lemah kemungkinan karena tempat atau ruangan kita saat itu tidak mampu menangkap sinyal kiriman. Cara mudahnyanya adalah pergi ke luar ruangan.

2. Atur Jaringan
Sinyal lemah atau hilang bisa jadi karena pengaturan (Setting) jaringan yang tidak tepat, APN belum tercantum, atau tipe jaringan tidak pas. Mengatur jaringan di smartphone berbasis Android sangat mudah. Caranya: Setting -> SIM Cards & Mobile Networks -> (pilih nama provider telekomunikasi Anda).

Baca juga: Ini Aplikasi Pengawas Rumah Saat Anda Mudik

3. Sesuaikan Jaringan
Beberapa smartphone mungkin sangat sensitif terhadap sinyal dan harus sesuai dengan tipe jaringan yang tersedia di kawasan tempat Anda berada. Sesuaikan ketersediaan jaringan komunikasi (3G atau 4G) di tempat Anda berada. Jangan sampai yang tersedia 3G, Anda malah menggunakan jaringan 4G. Hal itu tentu akan memperlambat koneksi.

4. Trik untuk Wi-fi
Salah satu penyebab sinyal jelek juga karena router wi-fi. Salah satu solusi ialah mematikan-menyalakan-ulang (restart) router tersebut.

5. Trik Airplane Mode
Cara ini bisa dibilang “mengistirahatkan” sinyal Anda. Aktifkan Airplane Mode dan tunggu sekitar 5 detik, kemudian aktifkan kembali mode normal. Biasanya cara ini sangat ampuh untuk menaikkan sinyal ponsel Anda.

Baca juga: Jokowi Lebaran di Bogor, Jusuf Kalla di Jakarta

Simak artikel menarik lainnya tentang Lebaran dan smartphone hanya di kanal Tekno Tempo.co.

Sumber : https://tekno.tempo.co/read/1098179/ini-cara-mudah-perkuat-sinyal-smartphone-saat-lebaran

Baca Juga