Hari Pertama Puasa, Pemko Pekanbaru dan BBPOM Sidak Pasar Ramadan

PEKANBARU (CAKAPLAH) – Hari pertama bulan Ramadan 1439 Hijriyah, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru bersama Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) langsung melakukan inspeksi mendadak (Sidak) terhadap pasar Ramadan Kamis (17/5/2018). Kali ini, sidak dilakukan di Jalan WR Supratman dan Pasar Sail.

Selain itu, BBPOM juga membawa mobil keliling untuk pengujian sampel makanan yang dicurigai di pasar Ramadan. Sebab, zat makanan yang dicurigai adalah Damin dan formalin dalam bahan makanan yang dijual oleh pedagang.

Dari 30 sampel yang dicurigai dan dijual oleh pedagang baru 20 sampel yang keluar hasilnya dan dinyatakan negatif. Dan hasil tersebut cukup membaik dari tahun sebelumnya dimana masih ada ditemukan zat makanan yang berbahaya di masyarakat.

Plt Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi, dalam kesempatan ini turut mengapresiasi keberadaan pasar Ramadan di Jalan WR Supratman Pekanbaru.

“Alhamdulilah dari 30 sampel dan keluar baru 20 sampel yang keluar hasilnya negatif. Sampel ini langsung diuji oleh BPPOM dengan mobil keliling. Sampel yang diuji adalah makanan yang dicurigai saja seperti mie, minuman dan makanan yang terlihat mencolok menggunakan zat makanan,” kata Plt Wako didampingi PLH Kepala BPPOM Adrizal, Kepala DPP Ingot Hutasuhut, Plt Kepala Diskes Pekanbaru Zaini Rizaldi.

Dalam kesempatan ini, Plt Wako juga menyebutkan dengan hasil yang negatif juga bisa dijadikan pasar Ramadan percontohan di jalan WR Suparatman. “Karena dari sampel kita belum menemukan bahan makanan yang kita curigai dan bisa menjadikan pasar Ramadan yang menyehatkan,” ujarnya.

Di sela-sela kunjungan ini, Ayat terlihat akrab dengan para pedagang dengan menanyakan makanan apa yang dijual dan seraya mendoakan agar makanan yang dijualnya laku dibeli oleh para pemburu kuliner.

“Saya doakan ibu-bapak yang berjualan di sini laku semua dagangannya. Amin,” kata Ayat.

Ditambahkan Plt Wako, sidak pasar yang dilakukan oleh Pemko Pekanbaru tidak hanya di Kecamatan Sail saja. Ia berjanji bersama dinas terkait akan berkeliling melakukan pengawasan dan sidak makanan di pasar ramadan lainnya.

“Pengawasan tetap akan kami lakukan bersama Disperindag. Untuk itu harapan kami tentunya para pedagang bisa menjual menu berbuka puasa tanpa mencampur zat-zat makanan yang berbahaya,” pungkasnya.

Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: [email protected]


Sumber : https://www.cakaplah.com/berita/baca/2018/05/17/hari-pertama-puasa-pemko-pekanbaru-dan-bbpom-sidak-pasar-ramadan/

Baca Juga