Gawat! Kapal Angkut Gas Elpiji 12 Kilogram ke Anambas Belum Dapat Izin dari Pelni

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS – Ketersediaan gas elpiji ukuran 12 kilogram menjadi sorotan. Ini setelah Kapal KM. Caraka Jaya Niaga III (Kapal Tol Laut) yang biasa membawa gas belum mendapat izin angkutan dari PT Pelni.

Afrizal, seorang agen gas elpiji yang ada di Tarempa mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan gas elpiji, pihaknya terpaksa mendatangkan dari Tanjungpinang menggunakan kapal kargo meski dengan jumlah yang terbatas.

Baca: Pria Ini Mau Saja Disuruh Bawa Sabu 3 Kilogram Lewat Kapal Pelni

Baca: Pelni Belum Tahu Wacana Pelabuhan Pindah ke Sekupang. Sugiyanto Akui Nyaman di Batuampar

Baca: Begini Cara Membawa Mobil atau Motor ke Jakarta dan Medan Gunakan Kapal Pelni dari Batam

“Untuk satu trip kapal kargo dari Tanjungpinang itu hanya bisa mengangkut seratus sampai dua ratus tabung saja. Sementara, kebutuhan gas di anambas bisa mencapai dua ribu tabung. Ini belum lagi dengan musim angin utara yang biasa terjadi setiap akhir tahun dimana kapal kargo ini tidak diperbolehkan berlayar,” ujarnya Jumat (14/9/2018).

Ia menambahkan, sulitnya untuk mendapatkan gas elpiji sudah dialami sejak satu bulan terakhir. Tidak hanya di Anambas, sulitnya untuk memperoleh tabung gas elpiji ukurang 12 kilogram ini, diketahui juga dialami oleh masyarakat di Kabupaten Natuna. Pemerintah Daerah pun, diketahui telah mengirim surat kepada Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementrian Perhubungan Indonesia pada tanggan 31 Agustus 2018 kemarin.

Hal serupa, menurutnya juga dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Natuna. Ia cukup khawatir keresahan masyarakat akan terus meningkat apabila dalam trip Tol Laut ini tidak juga membawa tabung gas.

“Yang kami khawatirkan seperti itu. Kalau sampai tidak membawa juga pada Sabtu (22/9/2018) mendatang, saya khawatir masyarakat semakin resah. Saat ini saja. masyarakat sudah banyak yang bertanya akan tabung gas ini. Kami berharap juga, hal ini dapat segera direspon oleh Pemerintah Pusat melalui Kementrian terkait,” ungkapnya.(*)

Sumber : http://batam.tribunnews.com/2018/09/14/gawat-kapal-angkut-gas-elpiji-12-kilogram-ke-anambas-belum-dapat-izin-dari-pelni

Baca Juga