Fitur Ganjil Genap di Waze: Begini Kritikan Netizen

TEMPO.CO, Jakarta – Aplikasi lalu lintas, Waze, memiliki fitur ganjil genap khusus untuk Kota Jakarta. Hadirnya fitur tersebut diharapkan dapat mengatasi problem kemacetan di Ibu Kota. Namun, warganet merespon fitur ganjil genap Waze dengan berbagai komentar.

“Alih-alih ngasi jalur alternatif, seharusnya Waze dan Google Maps ketika ditanya rute untuk mobil ganjil genap adalah: enggak usah bawa mobil,” tulis Disna Boim Harvens melalui akun Twitter-nya @harvens, hari ini, Jum’at, 13 Juli 2018.

Baca juga: KLHK Usul Kebijakan Ganjil Genap Diberlakukan Juga untuk Motor

Fitur ganjil genap terbilang istimewa, karena hanya digunakan di dua negara yaitu Indonesia dan Brazil. Tidak sulit untuk mengaktifkan fitur itu. Pengguna Waze dapat masuk ke menu “setting” yang tersedia di dalam aplikasi. Selanjutnya, pilih menu “navigasi”, kemudian pilih “license plate restriction”.

Akun Twitter bernama @ayubeany menanyakan bahwa haruskah dirinya mengunduh aplikasi Waze hanya untuk melihat jalur lalu lintas karena peraturan ganjil genap? “Udah dicoba, tapi masih melewati jalannya. Entah Google Maps yang belum update, atau aku yang belum update,” tulis pemiliki akun bernama Fitri Darwis itu.

Baca juga: Aturan Ganjil Genap Diperluas ke Arteri, Ini Rute Alternatifnya

Fitur navigasi sistem ganjil genap di Waze ini sebenarnya diawali sejak kebijakan ganjil genap di Jalan Sudirman-Thamrin, Oktober 2017. Pada saat itu Dishub DKI Jakarta menjalin kerja sama dengan salah satu aplikasi navigasi yang berasal dari Amerika Serikat, Waze.

Melalui kerja sama tersebut, Waze resmi meluncurkan fitur navigasi yang dilengkapi dengan implementasi Ganjil Genap pada ruas-ruas yang dirancang khusus untuk pengguna Waze di Jakarta.

Tidak hanya mengeluhkan hadirnya fitur baru itu, netizen juga banyak yang memuji fitur ganjil genap. Musisi grup musik Drive, Anji, melalui akunnya @duniamanji memuji kehadiran fitur baru itu. “Hebat Waze, meluncurkan fitur ganjil genap. Butuh banget soalnya tuh,” tulis dia.

Baca juga: Selama Asian Games 2018, Ganjil Genap Diterapkan 06.00-21.00 WIB

Sementara menurut Chika Nadya, hadirnya fitur baru itu merupakan kabar baik. Dengan memasukkan dua nomor plat akhir, kata Chika, nanti akan mendapat petunjuk jalan. “Nanti akan ditunjukkan arah jalan yang enggak kena peraturan ganjil genap. #GOOGLE4ID,” tulis akun bernama @chikastuff.

Selain komentar mengenai hadirnya fitur baru, ganjil genap, netizen melalui media sosial Twitter, juga banyak yang mengunggah informasi terkait fitur tersebut. Bahkan memberikan langkah-langkah bagaimana cara menggunakan fitur tersebut.

Baca juga: Akhir Pekan, Anda Harus Tahu Beda Fungsi Google Maps dan Waze

Simak artikel menarik lainnya tentang aplikasi Waze dengan fitur ganjil genap hanya di kanal Tekno Tempo.co.

Sumber : https://tekno.tempo.co/read/1106692/fitur-ganjil-genap-di-waze-begini-kritikan-netizen

Baca Juga