Fadli Zon Kritik Pemerintah Tak Mampu Atasi Gempa Lombok dan Palu

VIVA – Status bencana nasional masih menjadi perdebatan setelah gempa dan tsunami yang melanda Sulawesi Tengah pada Jumat lalu. Wakil Ketua DPR, Fadli Zon menilai pemerintah sudah dalam keadaan tidak mampu dalam penanganan sejumlah bencana.

“Sulteng dan NTB harus jadi bencana nasional, karena pemerintah enggak mampu dalam satu kompleks darurat, pemerintah enggak mampu,” kata Fadli di Gedung DPR Senayan, Selasa 2 Oktober 2018.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini mengaku baru kembali dari Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Menurutnya di sana para pengungsi banyak yang belum mendapat cukup bantuan.

“Saya baru kembali dari Lombok Utara. Sudah dua bulan lebih pengungsi enggak dapatkan bantuan memadai dan sudah ada demo di sana,” ujar Fadli.

Fadli menuturkan ada bantuan sebesar Rp50 juta yang dijanjikan namun tidak bisa dicairkan. Padahal pemerintah katanya telah menjanjikan bantuan itu dirampungkan secepatnya.

“Bantuan Rp50 juta yang dijanjikan itu tidak bisa dicairkan, padahal presiden bilang bisa dicairkan esok harinya. Kemudian banyak kelambatan dan ini terjadi stagnasi dalam penyelesaian,” kata Fadli.

Menurut Fadli jika seperti ini maka pemerintah Indonesia harus mempersilakan negara lain untuk datang membantu ke wilayah bencana. Pemerintah diminta tidak sok-sokan menolak itu.

“Apalagi di Palu dan Donggala banyak korban yang terhimpit puing-puing, sehingga buka diri pada dunia internasional karena kita enggak mampu. Kita biasa dapat uluran bantuan internasional. Jadi enggak usah sok-sokan,” ucapnya. (ren)

Sumber : https://www.viva.co.id/berita/politik/1080574-fadli-zon-kritik-pemerintah-tak-mampu-atasi-gempa-lombok-dan-palu

Baca Juga