Ditinjau Presiden, Menhub Budi Jajal Bandara Kertajati

VIVA – Presiden RI Joko Widodo pada hari ini, akan meninjau langsung progres pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat, atau sering disebut Bandara Kertajati di Majalengka, Provinsi Jawa Barat. 

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan, Baitul Ihwan mengatakan, progres pembangunan bandara yang saat ini telah mencapai 96 persen.

“Untuk sisi udara sudah selesai 100 persen, sisi darat atau bangunannya telah mencapai 96 persen,” kata Baitul dikutip dari keterangan resminya, Selasa 27 April 2018. 

Dengan progres pembangunan ini, diharapkan bandara itu dapat beroperasi pada angkutan Lebaran tahun ini dengan melayani penerbangan ke sejumlah kota di luar Jawa seperti Medan, Lampung, Pontianak, dan Palangkaraya. Tetapi, kepastian kota tujuan ini juga akan melihat kembali minat pasar.

Selain untuk melayani angkutan Lebaran, kata Baitul, pada tahun ini diharapkan bandara ini juga akan dapat digunakan sebagai bandara keberangkatan calon jemaah haji asal Provinsi Jawa Barat.

“Setelah angkutan Lebaran, bandara ini juga diharapkan bisa melayani sebagai embarkasi haji, khususnya masyarakat dari sekitar Majalengka,” ujarnya.

Sebagai informasi, Bandara Kertajati memiliki landas pacu atau runway berukuran 2.500 x 60 meter dan akan diperpanjang menjadi 3.000 x 60 meter. Dengan runway ini, bandara ini telah dapat didarati pesawat sejenis Boeing 777.

Selain itu, terdapat apron berukuran 576 x 151 meter persegi sehingga dapat menampung sebanyak 10 pesawat berbadan lebar. Pada sisi darat Bandara Kertajati dilengkapi terminal penumpang berukuran 92 ribu meter persegi. 

Rombongan pejabat yang jajal mendarat di Bandara Kertajati.Menhub Budi mendarat di Bandara Kertajati.

Dijajal Menhub Budi

Bandara ini diketahui, termasuk dalam salah satu proyek strategis nasional (PSN). Karena itu, hasil akhirnya pun harus benar-benar dipastikan dengan baik

Uji coba pendaratan pesawat di runway Bandara Kertajati ini pun telah dilakukan Selasa pagi tadi. Sekitar pukul 07.45 WIB, pesawat kalibrasi Hawker 900 XP, milik Direktorat Jenderal Perhubungan Udara mendarat sempurna di landasan pacu. 

Berdasarkan gambar yang diterima VIVA dari Fotografer Presiden, Agus Suparto, pesawat tersebut berisi terlihat Menhub Budi Karya Sumadi, Dirjen Perhubungan Udara Agus Santosa, Direktur Angkasa Pura II Muhamad Awaludin, Dirut Pembangunan Perumahan (PP) Tumiyono, Dirut Garuda Pahala N. Mansury, serta Direktur Pembangunan Jalan Ditjen Bina Marga PUPR Gani Ghazali.

Sumber : https://www.viva.co.id/berita/bisnis/1027350-ditinjau-presiden-menhub-budi-jajal-bandara-kertajati

Baca Juga