Ditanya Saingan Terberat di Pilkada Riau, Ini Jawaban Lukman Edy

PEKANBARU (CAKAPLAH) – Pemilihan Gubernur Riau tahun 2018 akan diikuti oleh empat pasangan calon. Kini keempatnya telah melewati rangkaian tes kesehatan di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau di Pekanbaru.

Keempat pasangan calon yang mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau tersebut adalah Syamsuar-Edy Nasution, Firdaus-Rusli Effendi, Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno dan Lukman Edy-Hardianto.

Meski tidak ada pasangan calon yang paling diunggulkan menang namun masing-masing kandidat gubernur terus mempelajari pesaingnya. Demikian juga dengan Bacagub Riau, M Lukman Edy.

Pria yang akrab disapa LE ini mengaku sudah melakukan beberapa persiapan diantaranya melakukan konsolidasi, riset, dan sebagainya.

Saat ditanyai mengenai siapa pesaing terberat, ternyata LE memiliki satu nama yang dianggapnya bakal menjadi lawan terberatnya. Nama tersebut tidak lain adalah Walikota Pekanbaru, Firdaus yang berpasangan dengan Rusli Effendi.

LE memiliki alasan kenapa Ketua Partai Demokrat Pekanbaru itu yang menjadi lawan terberatnya di Pilgub Riau 2018 ini. Meski alasan tersebut terkesan bercanda, namun ia menyatakan bahwa alasan ini serius.

“Meski berdasarkan survei-survei yang dilakukan, elektabilitas saya bisa dibilang lebih tinggi, namun bagi saya Firdaus memiliki faktor yang tidak bisa diukur yang bisa mendongkrak pemilihnya,” sebut LE pada Sabtu (13/1/2018).
 
Faktor yang dimaksud LE adalah modal sosial yakni sebagai Walikota Pekanbaru, berasal dari Kampar dan didukung oleh Partai Persatuan Pembangunan. Sebagaimana diketahui Ketua DPW PPP Riau Azis Zaenal merupakan Bupati Kampar dan Bupati Kuantan Singingi Mursini juga merupakan kader PPP.

LE mengatakan bahwa apa yang dimiliki Firdaus saat ini adalah faktor sosial masyarakat seperti yang dimiliki oleh Annas Maamun saat memenangi Pilgub sebelumnya. Pada saat itu, Annas berhasil meraih dukungan penuh dari Rohil untuknya. “Ini bisa jadi diterima juga oleh Firdaus dari pemilihnya di Pekanbaru,” jelas LE.  

Namun demikian LE tetap optimis bersama dengan Hardianto bisa membawa Riau bangkit dari keterpurukannya. “Salah satu yang kita benahi di awal yakni pembenahan birokrasi yang lebih baik sehingga pertumbuhan ekonomi, infrastruktur dan SDM di Riau juga bisa meningkat,” tutupnya.

Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: [email protected]


Sumber : https://www.cakaplah.com/berita/baca/2018/01/13/ditanya-saingan-terberat-di-pilkada-riau-ini-jawaban-lukman-edy/

Baca Juga