China Tarik 60.000 Tentara Perbatasan untuk Tanam Pohon di Pedalaman

Beijing – Pemerintah China menugaskan 60.000 tentaranya untuk menanam pohon. Penanaman dilakukan dalam upaya memerangi polusi dan meningkatkan cakupan hutan di negara tersebut.

Dikutip dari The Independent, Rabu (14/2/2018), satu resimen besar dari Tentara Pembebasan Rakyat ditarik dari perbatasan untuk menangani tugas-tugas non-militer di pedalaman.

Asia Times melaporkan, mayoritas tentara akan dikirim ke Provinsi Hebei yang mengelilingi Beijing. Hebei dikenal sebagai wilayah yang kerap menjadi ‘penghasil’ asap yang menyelimuti Beijing.

Aksi kali ini merupakan bagian dari rencana otoritas China menanam setidaknya 84.000 kilometer persegi sampai akhir tahun 2018. Luas tersebut kira-kira setara dengan luas negara Irlandia.

The China Daily Newspaper menyebutkan, tujuan penanaman ini untuk menaikkan persentase hutan China dari 21 menjadi 23 persen di 2030. Pada 2035 ditargetkan luas hutan menjadi 26 persen dari luas negara.

“Perusahaan, organisasi-organisasi dan orang yang mengkhususkan diri dalam penghijauan dipersilakan bergabung dalam kampanye penghijauan besar-besaran di negara ini,” kata Kepala Administrasi Kehutanan China Zhang Jianlong.


(rna/ita)
Sumber : https://news.detik.com/internasional/d-3866564/china-tarik-60000-tentara-perbatasan-untuk-tanam-pohon-di-pedalaman

Baca Juga