Bertemu Menteri Agraria, Bupati Bintan Minta Pusat Perjelas Status Lahan Waduk! Ada Apa?

TRIBUNBATAM.id, BINTAN-Bintan itu adalah ‘The Blue Diamond’, itu ungkapan Alfonso Vegara, konsultan Fondacio Metropoli Madrid saat diundang Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional RI di Jakarta beberapa hari lalu bersama Pemda Kepri.

Tentu Bintan dimaksud sang konsultan cakupannya adalah Bintan dalam arti pulau, yang di dalamnya berdiri Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan.

Sebutan ‘the blue diamond’ untuk Bintan karena ibarat intan, Bintan adalah intan biru yang paling menawan katanya. “Bintan adalah pulau di Indonesia yang ada di persilangan jalur Malaysia dan Singapura, potensi yang luar biasa,”kata dia.

Berdasarkan kajian, kata dia, dua negara maju, Singapura dan Malaysia ke depan akan sangat membutuhkan Pulau Bintan. Entah itu urusan ekonomi, pariwisata dan sebagainya sebagai imbas pembangunan ke dua negara.

Bupati Bintan Apri Sujadi mengatakan, pertemuan dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang Wilayah di Jakarta serta konsultan, dua hari lalu dalam rangka mendengarkan paparan kemerinterian tersebut terkait pengembangan Kepri.

Dalam kesempatan itu kata Apri, digunakannya untuk meminta perhatian pusat perihal pembangunan yang urusannya terkait kementerian agraria. Pertama soal proyek waduk.

“Kita sangat mengapresiasi bahwa pemerintah pusat mendukung penuh pembangunan di Bintan. Kita menginginkan agar kajian teknis terkait beberapa pembangunan pusat seperti pembangunan DAM dan waduk yang ada di Bintan dipaparkan.

Bisa kita ketahui secara lebih terperinci agar nantinya masyarakat bisa menerima informasi yang jelas terkait dampak lingkungan,”kata Apri, Minggu (14/1/2018).

Selain membahas proyek waduk, Apri juga meminta agar investasi Bintan juga menjadi perhatian pemerintah pusat. Termasuk dalam kaitannya dengan status lahan yang didalamnya terdapat mangrove dan hutan hijau.

“Ya meminta agar beberapa regulasi yang menghambat investasi di Kabupaten Bintan untuk segera ditinjau kembali. Kita menginginkan agar Konsep pembangunan di Pulau Bali, bisa juga diterapkan di Kabupaten Bintan,”kata Apri. (*)

Sumber : http://batam.tribunnews.com/2018/01/14/bertemu-menteri-agraria-bupati-bintan-minta-pusat-perjelas-status-lahan-waduk-ada-apa

Baca Juga