Bertemu Jokowi, Presiden Palestina Berterima Kasih Atas Dukungan Indonesia

WASHINGTON DC – KTT Luar Biasa Organisasi Kerjasama Islam (OKI) di Istanbul, Turki, menjadi momen bagi Presiden Palestina Mahmoud Abbas untuk menyampaikan apresiasi kepada rakyat Indonesia atas dukungan terhadap negaranya. Apresiasi ini ia sampaikan langsung kepada Presiden Joko Widodo ketika bertemu di forum tersebut.

“Presiden Palestina menyampaikan terima kasih yang mendalam dan penghargaan yang tinggi atas dukungan Indonesia terhadap Palestina,” ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang ikut mendampingi presiden selama KTT Luar Biasa OKI, lewat keterangan pers yang diterima VOA.

Dalam pertemuan itu, Presiden Abbas juga menyampaikan bahwa Indonesia merupakan negara di luar Timur Tengah yang paling memperjuangkan hak-hak Palestina.

Apresiasi senada juga disampaikan Raja Yordania Abdullah II bin Al-Hussein. Raja Yordania dikenal sebagai penjaga dan perawat atau “custodian” Masjid Al Aqsa. Perawatan masjid di Yerusalem yang dikenal sebagai salah satu tempat paling suci bagi umat Islam itu, dibiayai oleh Departemen Wakaf Yordania.


BACA JUGA: Pidato di KTT-LB OKI, Jokowi: Kita Bulatkan Suara untuk Membela Palestina

Raja Yordania Abdullah II bin Al-Hussein juga menyampaikan apresiasi kepada Presiden Joko Widodo. (Foto: Biro Pres Setpres)

Presiden Joko Widodo dalam pidatonya memang kembali menegaskan dukungan Indonesia terhadap perjuangan Palestina, mulai dari dukungan ekonomi, politik dan kebijakan luar negeri.

“Dalam setiap helaan nafas diplomasi Indonesia, di situ terdapat keberpihakan terhadap Palestina,” tegas Joko Widodo.


BACA JUGA: Jelang KTT-LB OKI, Menlu Turki: Dunia Harus Akui Yerusalem sebagai Ibu Kota Palestina

Pidato itu juga kembali menegaskan enam poin usulan sikap yang sebaiknya disampaikan OKI pada dunia, antara lain seruan agar OKI menolak pengakuan unilateral Amerika terhadap Yerusalem karena “solusi dua negara” adalah satu-satunya solusi untuk menyelesaikan konflik Israel-Palestina, mengajak semua negara yang memiliki kedutaan besar di Tel Aviv untuk tidak memindahkan kedutaan mereka ke Israel, dan menjadikan OKI sebagai motor penggerak dukungan bagi kemerdekaan Palestina.

KTT Luar Biasa OKI yang dilaksanakan di Rumeli Hall Lutfi Kirdar International Convention and Exhibition Center ICEC di Istanbul ini dilangsungkan untuk menyatukan sikap negara-negara anggota OKI terhadap kebijakan Amerika pekan lalu, yang mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel dan berencana memindahkan kedutaan besar Amerika dari Tel Aviv ke Yerusalem.

KTT ini dihadiri 59 pemimpin dan/atau perwakilan negara, antara lain Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Raja Yordania Abdullah II, Emir Kuwait Sheikh Sabah Al Ahmad Al Jaber Al Sabah, Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani, Presiden Indonesia Joko Widodo dan Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah. (VOA)

(rfa)

Sumber : https://news.okezone.com/read/2017/12/14/18/1830316/bertemu-jokowi-presiden-palestina-berterima-kasih-atas-dukungan-indonesia

Baca Juga