Begini Momen Gus Ipul Saat Pamit Cuti ke Pakde Karwo

Surabaya – Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menyerahkan surat izin cuti sebagai Wakil Gubernur Jatim ke Gubernur Soekarwo. Momen pamitan itu, diibaratkan Pakde Karwo-panggilan akrab Soekarwo-, seperti lebaran hari raya Idul Fitri.

“Saya mengajukan cuti selama mengikuti proses Pilgub Jatim 2018, terhitung sejak tanggal 15 Februari 2018. Ini suratnya dari Menteri Dalam Negeri. Dulu izinnya juga direkomendasi oleh pakde. Saya serahkan pakde,” kata Gus Ipul saat menyerahkan amplop berisi surat izin cuti, di Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo, Surabaya, Rabu (14/2/2018).

“Kalau saya ada kurang-kurangnya selama mendampingi pakde dua periode, mohon maaf sebesar-besarnya,” tuturnya.

Pakde Karwo menimpalinya. “Nggih Gus, mugi-mugi kabul kajate (Iya Gus, semoga hajatnya terkabulkan),” kata Pakde Karwo.

Dua pemimpin ini terlihat sangat akrab, karena selama dua periode Pakde Karwo dan Gus Ipul memimpin Jawa Timur. Meski, pada Pemilihan Gubernur Jatim 2018 ini, keduanya bersebarangan.

Karena, Pakde Karwo yang juga Ketua Demokrat Jatim, partainya mengusung Khofifah Indar Parawansa sebagai calon gubernur-rival duelnya Gus Ipul di Pilgub Jatim 2018.

Pakde Karwo maupun Gus Ipul sama-sama memujinya dan bangga bisa memimpin di Jatim.

“Saya bangga bisa mewakili Pakde selama dua periode,” kata Gus Ipul.

Begini Momen Gus Ipul Saat Pamit Cuti ke Pakde KarwoFoto: Istimewa

“Oh saya juga bangga bersama beliaunya ini,” Pakde Karwo menimpalinya.

Gus Ipul mengakui banyak belajar dari Pakde Karwo selama menjabat Wakil Gubernur Jatim.

“Saya banyak belajar. Saya banyak mendapatkan ilmu. Saya dibimbing dan alhamdulillah selama perjalanan ini kami bisa bersama-sama dalam rangka menyukseskan visi misi kami berdua,” katanya.

“Soal yang lain-lain itu nomor dua. Tapi yang penting ini bahwa, kami bisa bekerjasama. Jawa Timur akhirnya sampai posisi sekarang. Saya matur suwun banget Pakde dumateng panjenengan. Sebagai wakil gubernur yang kebetulan usianya lebih muda, wonten kurang-kurangipun, wonten salah-salahipun, kulo nyuwun agunge pangapunten (Jika ada kekurangan, ada kesalahan, saya mohon maaf sebesar-besarnya),” tutur gus Ipul.

“Saya juga seperti itu. Koyok riyayan yo (seperti lebaran),” kata Pakde Karwo sambil tertawa bersama Gus Ipul.

“Saya juga seperti itu Gus. Pertama, alhamdulillah saya dijodohkan oleh Allah SWT. Kita sama-sama membantu untuk pembangunan Jawa Timur, dan akra dengan masyarakat Jawa Timur. Mugo-mugo (semoga) apa yang dicita-citakan Gus Ipul, juga dikabulkan Allah. Amin. Amin,” tutur Soekarwo.

Setelah berpamitan cuti karena maju cagub di Pilgub Jatim 2018 ini, Gus Ipul akan meninggalkan rumah dinasnya di Jalan Imam Bonjol. Rencananya Gus Ipul dan keluarganya akan tinggal di rumah pribadinya di kawasan perumahan Gayungan, Surabaya.
(roi/bdh)

Sumber : https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-3867577/begini-momen-gus-ipul-saat-pamit-cuti-ke-pakde-karwo

Baca Juga