Begini Cara Pemkot Kediri Pastikan Daging Sapi Bebas Cacing Pita

Kediri – Meningkatnya permintaan daging sapi pada awal bulan Ramadan mendorong Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian Kota Kediri untuk melakukan inspeksi terhadap sejumlah penjual daging di pasar Kota Kediri.

Sejumlah pasar menjadi sasaran pemeriksaan petugas antara lain di Pasar Setono Betek dan Pasar Pahing Kota Kediri. Pemeriksaan meliputi, kadar air daging, kesegaran daging serta adanya kandungan cacing pita pada organ hati sapi.

Wiwing (40), salah satu penjual daging sapi di Pasar Setono Betek Kota Kediri mengaku, sejak awal puasa hingga hari keenam Ramadan ini, permintaan daging masih tinggi.

“Masih banyak peminatnya. Peningkatan sekitar 50 persen lebih. Harganya pun masih stabil, masih sekitar Rp 85-98 ribu perkilogramnya,” papar Wiwing kepada detikcom, Selasa (22/5/2018).


Namun ternyata pernyataan penjual sapi ini berbeda dengan yang diutarakan Kepala UPT Rumah Pemotongan Hewan (RPH) DKPP Kota Kediri, Harisodin. Ia mengungkapkan saat ini RPH Kota Kediri mengalami penurunan jumlah pemotongan hewan sapi. Jika biasanya sebelum Ramadan ada 15 ekor sapi lebih yang dipotong, namun memasuki ramadhan, hanya 5-10 ekor sapi saja yang dipotong.

“Peminat untuk daging awal puasa ini menurun, malah tadi malam cuman 4 ekor. Mungkin H-7 Idul Fitri mulai meningkat kembali,” ujarnya.


Namun Harisodin optimis, kondisi daging yang dijual di Kota Kediri dalam keadaan baik dan segar. Ia juga memastikan daging sapi yang beredar di pasar-pasar Kota Kediri aman dari cacing pita dan bukan daging glonggongan.

“Alhamdulillah, ini tadi tidak ada indikasi daging rusak. Semuanya masih baik dan ini salah satu upaya kami mencegah daging memgandung cacing pita dan glonggongan,” imbuhnya.

Harisodin menambahkan, pemeriksaan komoditas daging sapi semacam ini akan terus dilakukan oleh Pemkot Kediri hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri mendatang.
(lll/lll)

Sumber : https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-4032442/begini-cara-pemkot-kediri-pastikan-daging-sapi-bebas-cacing-pita

Baca Juga