Apa pun Desainnya, Rumah Harus Tetap Ramah Anak

TEMPO.CO, Jakarta – Konsep rumah sekarang semakin beragam seiring dengan perkembangan zaman. Keluarga muda atau milenial cenderung memilih konsep dan desain rumah serta perabotan dengan model yang unik atau tidak biasa.

Menerapkan konsep desain industrial bukan berarti mengabaikan nilai atau prinsip ramah anak pada sebuah hunian sebab dengan gaya apa pun, rumah harus ramah terhadap setiap penghuninya, khususnya anak-anak. Di sisi lain, rumah bergaya industrial yang memiliki tampilan layaknya tempat industri dengan aksen yang mencerminkan kedewasaan tetap bisa layak anak.

Tidak sulit untuk membuat rumah bergaya industrial memiliki prinsip ramah anak. Paling tidak, hanya ada empat poin yang harus diperhatikan dalam hal ini.

Artikel lain:
6 Tips Merapikan Rumah Supaya Lebih Nyaman Dihuni
6 Kondisi Rumah Berikut Menandakan Anda Malas
6 Bagian Rumah yang Tak Harus Sering-sering Dibersihkan

#Mengaplikasikan warna cerah
Rumah bergaya industrial umumnya menerapkan warna abu-abu atau warna-warna netral dengan material ekspos pada dinding dan beberapa bagian rumah. Warna-warna ini tentu bukan warna kesukaan anak kecil. Untuk membuat rumah lebih nyaman dan ramah untuk anak kecil, Anda bisa mengaplikasikan perpaduan warna-warna cerah, mengingat anak-anak umumnya menyukai warna-warna tersebut. Coba terapkan warna-warna cerah tersebut pada aksen dekorasi seperti tirai, kain, bantal, atau hiasan lain sehingga rumah bergaya industrial terkesan lebih menyenangkan bagi si kecil.

#Struktur tangga
Tangga bisa menjadi salah satu area yang cukup berbahaya bagi anak saat naik-turun atau bermain. Di sisi lain, tangga pada rumah bergaya industrial juga umumnya hanya terdiri atas rangka struktur fitur tersebut. Agar tangga di rumah menjadi lebih aman bagi anak, ada baiknya undakan pada tangga tidak dibuat terlalu tinggi. Misalnya, dengan tidak membuat undakan tangga yang lebih tinggi dari 18 sentimeter. Jangan lupa juga memberi pegangan pada tangga agar lebih aman serta mengurangi risiko anak jatuh.

#Mengaplikasikan warna netral yang terang
Warna netral merupakan warna-warna khas rumah bergaya industrial. Tak harus menerapkan warna netral yang memiliki tone gelap, Anda juga bisa menggunakan warna netral yang memiliki tone terang. Ini agar rumah lebih nyaman bagi anak kecil. Warna putih atau abu-abu muda dapat dijadikan pilihan.

#Cahaya
Rumah industrial yang kaya cahaya lebih nyaman bagi anak. Karena itu, ada baiknya Anda menerapkan jendela-jendela kaca besar pada rumah bergaya industrial sehingga selain dapat mempermudah rumah untuk mendapat banyak cahaya, jendela-jendela ini juga akan membantu sirkulasi udara sehingga rumah tetap terasa nyaman dan tidak pengap.

Untuk cahaya buatan, jangan lupa memasang lampu yang tepat agar saat malam hari rumah bergaya industrial tidak terkesan gelap. Anak-anak pun tidak akan merasa takut karena cahaya yang kurang, melainkan nyaman karena cukup cahaya.

HOME

Sumber : https://cantik.tempo.co/read/1079694/apa-pun-desainnya-rumah-harus-tetap-ramah-anak

Baca Juga