Andai Marquez Juara MotoGP, Bendera Mana yang Dikibarkan?

Liputan6.com, Cervera – Tinggal selangkah lagi Marc Marquez akan mengunci gelar keempatnya di kelas utama MotoGP. Balapan Grand Prix Valencia pada 12 November mendatang bakal jadi seri penentu bagi pembalap yang dijuluki Baby Alien itu untuk menjadi juara dunia MotoGP musim ini. 

Masyarakat Cervera kemungkinan bakal menyulap pusat kota dengan pernak-pernik untuk menyambut sang juara dunia. Ini sudah menjadi tradisi masyarakat Cervera setiap kali Marquez keluar sebagai juara dunia MotoGP.

Lautan masyarakat tumpah untuk merayakan pesta tersebut. Yang jadi persoalan sekarang adalah Catalonia telah mendeklarasikan kemerdekaannya dari Spanyol, akhir bulan lalu.

Itulah yang menjadi pertanyaan apakah bendera Spanyol atau Catalonia yang bakal dikibarkan Marquez saat menggelar perayaan juara dunia. Pasalnya, Si Bayi Alien sudah punya pengalaman ketika ia dikritik masyarakat Cervera saat mengibarkan bendera Spanyol 2013.

Karena itu, Marquez dalam perayaan juara dunia pada tahun 2014 dan 2016, dia lebih memilih untuk mengibarkan bendera bertuliskan namanya dan nomor 99. Lalu apa yang akan dilakukan jika dia benar-benar keluar sebagai juara.

“Saya Catalan karena saya tinggal di Catalonia, tapi saya merasa Spanyol karena berada di dalam Spanyol,” kata Marquez seperti dikutip dari Diariogol.

(David Permana)

Baca Juga